Sukses

BMKG Imbau Warga Manado Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Ben mengatakan, kabupaten dan kota di wilayah Sulut diperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 8 Februari 2023," kata  Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado pada Selasa (6/2/2024).

Ben mengatakan, kabupaten dan kota di wilayah Sulut diperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Karena itu dia berharap warga mewaspadai potensi terjadinya bencana tanah longsor, pohon tumbang maupun banjir yang dapat terjadi manakala cuaca ekstrem.

“BMKG akan membantu menyampaikan informasi terkini cuaca ekstrem di kabupaten dan kota melalui kanal informasi yang diverifikasi,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, pada Kamis 8 Februari 2024, beberapa wilayah seperti Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud berpotensi cuaca ekstrem.

Kemudian pada keesokan harinya cuaca ekstrem diperkirakan melanda sebagian besar wilayah Sulut yang mencakup Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Berikutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Timur Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro,” ujarnya.

Hari berikutnya, diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Masyarakat kiranya memperhatikan kondisi ini, sehingga bisa mengantisipasi dampak cuaca ekstrem,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini