Sukses

Saat Babinsa Kodim 1309/Manado Ajari Siswa SD Wawasan Kebangsaan

Kedatangan Praka Febrin Wijaya disambut hangat puluhan siswa di sekolah itu. Dengan penuh kesabaran, dia mulai mengajari bocah-bocah di sekolah itu terkait wawasan kebangsaan dan bela Negara.

Liputan6.com, Manado - Tugas tentara tidak hanya menbela Negara dalam kondisi perang. Dalam situasi non perang, banyak hal yang bisa dilakukan prajurit TNI. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Rumengkor Praka Febrin Wijaya.

Babinsa Koramil 04/PTM yang berada di wilayah Kodim 1309/Manado ini pada, Selasa (9/1/2023), menyambangi SD Inpres Rumengkor, yang terletak di Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Sulut.

Kedatangan Praka Febrin Wijaya disambut hangat puluhan siswa di sekolah itu. Dengan penuh kesabaran, dia mulai mengajari bocah-bocah di sekolah itu terkait wawasan kebangsaan dan bela Negara. Para siswapun begitu antusias menerima pelajaran dari “guru” baru mereka yang berpakaian dinas TNI AD itu.

“Ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan generasi muda yang tangguh, berwawasan kebangsaan dan mempunyai jiwa nasionalisme,” ujar Praka Febrin Wijaya kepada Liputan6.com.

Diketahui, kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Praka Febrin Wijaya itu merupakan bagian dari Program Army Go to School baik di tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Program ini dalam rangka membentuk generasi muda yang memiliki nasionalisme dan kesadaran bela Negara, agar tidak tersusupi oleh paham-paham selain Pancasila.

“Pada program Army Go to School ini, disampaikan materi wawasan kebangsaan agar generasi muda ke depan menjadi generasi yang tangguh, dan mampu melaksanakan tugas-tugas menjaga NKRI,” papar dia.

Dia mengatakan, menginginkan pohon yang kuat pupuklah dari tunasnya, menginginkan bangsa yang hebat peliharalah generasi mudanya.

Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono SIKom MTr (Han) menjelaskan, mulai tahun 2024 pihaknya melaksanakan program Army Go to School yang akan berkontribusi pada masyarakat Kota Manado dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui anak didik dari tingkat SD SMP dan SMA.

“Kita bangun karakternya, wawasan kebangsaan, bela negara, disiplin untuk mengisi Indonesia Emas. Ke depannya dengan membangun karakter ini Indonesia akan menjadi lebih adil, makmur dan pembangunan keberlanjutan," kata Dandim 1309/Manado.

Himawan Teddy Laksono mengatakan, kegiatan itu merupakan dari program TNI AD yang kemudian ditindaklanjuti di seluruh Koramil Jajaran di Kota Manado, Kecamatan Wori, Kecamatan Pineleng, Kecamatan Tombulu dan kecamatan Mandolang untuk melaksanakannya dengan Penuh tanggungjawab.

Tujuannya adalah membentuk kedisiplinan, kepribadian dan tanggungjawab sejak usia dini pada siswa-siswi, guna menciptakan generasi yang memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

"Army Go to School tidak hanya sekadar program, melainkan sebuah langkah strategis dari TNI-AD untuk menciptakan generasi muda dan memiliki karakter yang kuat,” ujarnya.

Dia mengharapkan, melalui kegiatan itu para siswa dapat tumbuh menjadi individu yang berprestasi, serta mampu menjadi kebanggaan bagi keluarga dan lingkungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.