Sukses

Ini Alasan Pertunjukan Air Mancur Menari di Purwakarta Batal Digelar Saat Malam Pergantian Tahun

Pemkab Purwakarta, tidak akan mengoperasikan pertunjukan air mancur menari di Taman Sri baduga saat pergantian tahun nanti karena kendala teknis.

Liputan6.com, Purwakarta - Pertunjukan Air Mancur Menari di Taman Sri Baduga Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, batal digelar saat malam pergantian tahun nanti. Pasalnya, saat ini debit air di Situ Buleud kondisinya tak memungkinkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha menuturkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terkait kondisi air di Situ Buleud. Hasilnya, debit air di kawasan taman kota itu kurang sekitar 70 cm dari pompa air.

"Tim teknis sudah mengecek untuk persiapan pertunjukan Air Mancur di Taman Sri Baduga, dan ada beberapa temuan yang menyebabkan pertunjukan tidak bisa diselenggarakan," ujar Norman kepada wartawan, Jumat (29/12/2023).

Norman menjelaskan, sebelumnya pihaknya memang telah merencanakan untuk mengoperasikan pertunjukan Air Mancur Menari di taman kota tersebut di momentum pergantian tahun nanti. Namun, rencana ini terpaksa urung dilakukan karena beberapa hal.

"Kami sampaikan permohonan maaf bahwa pertunjukan Air Mancur Sri Baduga untuk pergantian malam tahun baru tidak bisa digelar," kata dia.

Meski demikian, ia menyebutkan bahwa masyarakat tetap bisa merayakan malam pergantian tahun baru di Kabupaten Purwakarta. Karena, ada beberapa destinasi wisata di wilayah ini yang akan menyiapkan berbagai event.

"Ada sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta yang berencana untuk menggelar beberapa even. Seperti, pertunjukan kembang api di Bungursari, Jatiluhur hingga Castle Caffe yang berada di kawasan Cikao Park," kata Norman.

Selain itu, pada pergantian malam tahun baru, Wisata Kuliner yang berada di kawasan Situ Buleud juga rencananya akan dibuka untuk menemani masyarakat yang ingin menikmati malam pergantian tahun di Kabupaten Purwakarta.

Dengan kata lain, masyarakat tak perlu galau hanya karena tidak bisa menikmati pertunjukan air mancur menari di kawasan Taman Sri Baduga. Karena, di Kabupaten Purwakarta banyak lokasi eksotis yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan liburan tahun baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Wisata di Purwakarta

Berikut ini, Liputan6.com merangkum beberapa lokasi wisata yang punya suguhan komplet. Di lokasi wisata yang akan dibahas kali ini pengunjung bukan hanya akan disuguhi dengan beragam wahana mengasyikan, tapi juga disiapkan tempat jika ingin bermalam.

1. Kawasan Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur (Ir Djuanda) di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta bisa menjadi pilihan untuk mereka yang ingin menikmati malam pergantian tahun nan syahdu.

Di kawasan tersebut juga banyak variasi fasilitas yang ditawarkan pihak pengelola kepada para pengunjung. Termasuk, wisata kulinernya. Ya, pengunjung bisa juga menikmati kuliner khas Waduk Jatiluhur yang salah satunya berbahan dasar ikan patin.

Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam, tak perlu repot-repot mencari penginapan. Karena pihak pengelola juga menyediakan hotel dan bungalow lho di kawasan ini.

2. Giri Tirta Kahuripan Porlak Jahe

Pilihan lainnya, Giri Tirta Kahuripan Porlak Jahe. Objek wisata yang sekarang ini berada di di bawah managemen Porlak Jahe Grup itu, suguhan utamanya memang wahana air dengan view alam penggunungan yang terhampar luas.

Namun, untuk pengunjung yang hendak bermalam, pengelola juga menyiapkan vila atau cottage, hingga resto. Di lokasi ini, juga terdapat sarana-sarana wisata lain seperti porlak resto, porlak meals, porlak camp dan berbagai kegiatan luar ruangan.

Itulah sederet kawasan wisata rekomendasi yang ada di Kabupaten Purwakarta bagi Anda yang berniat refreshing sambil bermalam dan menghabiskan waktu liburan tahun baru bersama keluarga. Bukan hanya dua wisata tersebut, di Kabupaten Purwakarta juga masih terdapat lokasi wisata yang menarik lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.