Sukses

Dicari! Opan Sopandi, Guru Ngaji yang Cabuli Belasan Anak di Purwakarta

Opan Sopandi, seorang guru mengaji di Purwakarta masuk daftar pencarian orang (DPO).

 

Liputan6.com, Purwakarta - Opan Sopandi, seorang guru ngaji cabul di Purwakarta masuk daftar pencarian orang (DPO). Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, Minggu (17/12/2023) mengatakan, warga Desa Salem, Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta, itu telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pencabulan anak didiknya, dengan korban mencapai belasan orang.

Penetapan tersangka pencabulan itu dilakukan setelah polisi melakukan pengumpulan alat bukti dan memintai keterangan sejumlah saksi mata, termasuk para korban.

"Tersangka sampai saat ini belum diketahui keberadaannya, jadi kami memasukkan tersangka dalam daftar pencarian orang," katanya.

Edwar mengaku sengaja membuka ke publik identitas dan foto wajah Opan Sopandi, agar masyarakat yang mengetahui keberadaannya bisa segera melapor ke kantor polisi terdekat.

Disebutkan bahwa sesuai dengan pemeriksaan sementara, terdapat 15 korban pencabulan yang dilakukan oleh Opan Sopandi. Namun jumlahnya kemungkinan bisa bertambah, karena masih ada korban yang belum melapor.

Atas perbuatannya, pelaku terancam pasal 81 ayat 1, 2, 3 dan atau pasal 82 ayat (1) dan (2) UU Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU RI Nomor 01 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-Undang.

Ancaman hukumannya paling paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun.

"Tapi karena tersangka merupakan tenaga pendidik, maka hukumannya ditambah sepertiga dari ancaman pokok," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.