Sukses

3 Fakta Dharmaji Suradika yang Jadi Ketua TPM Ganjar-Mahfud

Berikut ini adalah profil Dharmaji Suradika yang ditunjuk langsung menjadi Ketua TPM Ganjar-Mahfud menuju Pilpres 2024.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tim Pemenangan Muda (TPM) pasangan bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md resmi dipimpin Dharmaji Suradika. Hal ini diumumkan langsung oleh Arsjad Rasjid sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN), Rabu, 1 November 2023.

Dharmaji Suradika atau yang kerap dipanggil Aji itu berlatar belakang eksekutif muda, pengusaha, hingga aktivis. Ia diharapkan mampu berkontribusi untuk mewujudkan generasi muda Indonesia menjadi lebih baik.

"Tim Pemenangan Muda diisi orang-orang muda yang memiliki kompetensi, integritas, dan visi Indonesia unggul pada bonus demografi 2045 yang mendukung Pak Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai pemimpin," ujar Arsjad.

Berikut ini adalah profil Dharmaji Suradika yang ditunjuk langsung menjadi Ketua TPM Ganjar-Mahfud menuju Pilpres 2024.

1. Lulusan ITS dan S2 di Jerman

Dharmaji memulai kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Di sana dia meraih gelar sarjana teknik mesin dengan penjurusan konversi energi.

Setelah lulus, dia melanjutkan studi S2 ke Jerman di University of Applied Sciences Emden/Leer dan meraih gelar Master of Engineering pada 2012.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktif Berorganisasi

2. Aktif Berorganisasi

Sejak kuliah, sikap kepemimpinannya sudah tampak saat turut dalam sejumlah organisasi. Di ITS ia dipercaya untuk menjadi Ketua Divisi organisasi mahasiswa Mesin ITS Autosport (MAUTS) tahun 2008.

Saat itu pula, Dharmaji sempat dipilih sebagai ketua panitia event terbesar Teknik Mesin ITS, yakni Indonesia Mechanical Innovation Challenge.

Selanjutnya, ketika mengenyam pendidikan di S2 di Jerman, Dharmaji turut dalam organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman, kemudian dipercaya rekan-rekannya untuk memimpin ketua international conference PPI Jerman pertama yang bernama ICONIC.

3. CEO Pemimpin.id

Selepas merampungkan kuliahnya di Jerman, Dharmaji kini memprakarsai startup nonprofit Pemimpin.id. Di sana ia didapuk sekaligus sebagai CEO sejak 2019.Pada tahun yang sama, Dharmaji sempat didapuk sebagai Executive Director di DeepTech Foundation.

Sebelum memiliki perusahaan, Dharmaji pernah bekerja di Siemens Indonesia menjabat Sales Manager. Saat itu, Dharmaji bertanggung jawab pada penjualan turbin uap dengan target customer, misalnya Pertamina, PLN, pabrik gula, pabrik kelapa sawit, hingga perkebunan.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.