Sukses

Hilang 2 Hari di Hutan Ranomerut Minahasa, Kakek Piet Selamat

Tim SAR gabungan, seperti Basarnas, BPBD, keluarga korban, dan masyarakat setempat, melaksanakan pencarian hingga menjelang malam, akan tetapi tidak menemukan tanda-tanda korban.

Liputan6.com, Minahasa - Pamit kepada keluarganya, Piet Sambouw (70) pergi ke kebun di hutan Ranomerut, Kabupaten Minahasa, Sulut. Namun tak sepertinya biasanya, kakek itu tak kunjung pulang hingga dua hari.   

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pihak Basarnas Manado, warga Desa Ranomerut, Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa, Sulut itu, pada Selasa (3/10/2023), sekitar pukul 09.00 Wita, berpamitan dengan keluarganya untuk ke kebun.

Pada aktivitas serupa hari-hari biasa, ia sudah pulang ke rumah pukul 12.00 Wita. Akan tetapi, pada hari itu, korban tidak kunjung pulang ke rumah.

Pihak keluarga korban sempat melakukan secara mandiri bersama masyarakat setempat selama dua hari, akan tetapi tidak menemukan hasil. Pada Kamis (5/10/2023), keluarga korban melaporkan kejadian ini kepada pihak Basarnas Manado.

“Dalam menindaklanjuti laporan itu, Basarnas kemudian menerjunkan satu tim rescue ke lokasi,” ungkap Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Manado Jandry Paendong.

Tim SAR gabungan, seperti Basarnas, BPBD, keluarga korban, dan masyarakat setempat, melaksanakan pencarian hingga menjelang malam, akan tetapi tidak menemukan tanda-tanda korban.

Pada Jumat (6/10/2023), pukul 04.00 Wita, tim SAR gabungan menerima informasi bahwa pemburu lokal telah menemukan korban di semak-semak di dalam hutan tersebut. Tim SAR gabungan kemudian bergerak ke lokasi itu untuk mengevakuasi korban.

“Tim SAR gabungan melakukan evakuasi terhadap pria lansia itu dalam keadaan selamat pada Jumat dinihari,” ujarnya.

Jandry mengatakan saat pencarian, tim SAR gabungan mengalami kesulitan karena kondisi hutan setempat yang lebat.

"Puji Tuhan berkat pemburu lokal yang sedang melaksanakan berburu di sekitar lokasi kejadian, korban akhirnya ditemukan dengan selamat," katanya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.