Sukses

Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Creambath, Hair Spa, dan Hair Mask

Perawatan rambut yang disesuaikan dengan permasalahannya akan mampu membuat rambut lebih sehat dan terbebas dari rontok, bercabang, kusam, maupun masalah rambut lainnya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain kulit, rambut juga menjadi bagian tubuh yang tak luput dari perawatan. Tiga jenis perawatan rambut yang bisa dilakukan adalah creambath, hair spa, dan hair mask.

Meski terlihat serupa, tetapi ketiganya memiliki perbedaan. Tentunya, perbedaan tersebut didasarkan pada fokus perawatan yang akan dihasilkan pada permasalahan rambut masing-masing orang.

Perawatan rambut yang disesuaikan dengan permasalahannya akan mampu membuat rambut lebih sehat dan terbebas dari rontok, bercabang, kusam, maupun masalah rambut lainnya.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut perbedaan tiga jenis perawatan rambut yang bisa disesuaikan dengan permasalahan rambut yang sedang dihadapi:

1. Creambath

Creambath merupakan perawatan rambut dasar yang umumnya dilakukan oleh mereka yang tidak banyak memiliki masalah rambut. Proses perawatannya pun terbilang sederhana.

Penata rambut akan mengoleskan krim secara merata ke rambut. Umumnya, krim yang digunakan pun berasal dari bahan alami, seperti aneka buah atau sayuran yang memiliki nutrisi penting bagi rambut.

Setelah mengoleskan krim, selanjutnya adalah proses creambath. Perawatan ini mencakup pemijatan pada kulit kepala, menguapi rambut menggunakan steam, atau membungkus rambut dengan menggunakan handuk hangat. Proses ini akan membuka pori-pori kulit kepala, sehingga nutrisi dari krim bisa terserap dengan baik.

2. Hair Spa

Perawatan rambut selanjutnya adalah hair spa. Perawatan ini sangat cocok untuk permasalahan rambut kusam, kering, dan berminyak.

Perawatan ini juga kerap dilakukan oleh mereka yang sering terpapar sinar matahari atau menggunakan alat catok. Hair spa bisa memberikan nutrisi pada akar rambut, merevitalisasi kulit kepala, dan memperkuat folikel rambut.

Dibandingkan dengan creambath, hair spa umumnya menggunakan krim yang lebih kaya vitamin. Perawatan yang bertujuan untuk menutrisi rambut rusak ini dilakukan dengan mengoleskan krim ke seluruh permukaan rambut.

Selanjutnya dilakukan pemijatan kepala dan steam. Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

3. Hair Mask

Jika creambath dan hair spa terdapat proses pemijatan kepala, maka tidak dengan hair mask. Meski demikian, biasanya terapis akan memberikan pemijatan di bagian tubuh lain, seperti leher, bahu, atau punggung.

Hair mask bertujuan untuk mengatasi rambut rontok atau masalah rambut lainnya yang sudah masuk dalam kondisi parah. Perawatan ini sangat cocok untuk rambut yang kerap mengalami pelurusan, pewarnaan, atau pengeritingan.

Efek dari hair mask boleh dibilang lebih mendalam ketimbang creambath dan hair spa. Hair mask bertindak lebih dalam untuk memperbaiki kerusakan rambut yang dialami.

Efek hair mask mungkin tidak signifikan pada rambut yang sudah terlanjur rusak. Namun, setidaknya perawatan ini dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih parah.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, perawatan rambut memang harus disesuaikan dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Baik creambath, hair spa, atau hair mask, ketiganya merupakan perawatan yang dapat menjaga kesehatan rambut.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini