Sukses

Tebing Longsor di Karangasem Bali, 3 Pencari Baru Tewas Tertimbun

Bencana longsor melanda Dusun Kemuning, Desa Linggasana, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali, Senin (11/9/2023).

 

Liputan6.com, Bali - Bencana longsor melanda Dusun Kemuning, Desa Linggasana, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem Bali, Senin (11/9/2023). Sebanyak empat orang penggali batu dilaporkan tertimpa material longsor, dengan rincian 3 orang meninggal dunia, dan 1 selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Denpasar Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya mengatakan, informasi adanya tebing longsor diterima BPBD Karangasem sekitar pukul 12.05 Wita.

"Akibat longsor masih ada dua orang belum ditemukan, sementara itu warga setempat telah mengevakuasi satu orang meninggal dunia dan satu orang selamat," kata Sidakarya.

Satu orang yang selamat mengalami luka-luka. Berdasarkan keterangan yang diterima, kata dia, awalnya pagi tadi pukul 9.00 Wita seluruh korban ke lokasi untuk menggali pasir mencari batu tabas dengan membuat gua di tebing.

Setelah dua jam bekerja dengan gua yang berhasil dibuat sepanjang 2 meter, tiba-tiba tanah di atas lokasi galian runtuh dan menimpa korban. Kronologis ini diterima dari korban selamat atas nama I Kadek Berata (34), katanya.

Selanjutnya Basarnas Bali memberangkatkan lima personel menuju lokasi tebing longsor di Kecamatan Bebandem. Mereka melakukan pencarian terhadap dua korban lainnya dibantu alat berat atas koordinasi dari kepala desa langsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama-Nama Korban

Pada pukul 13.15 Wita, kata Sidakarya, tim SAR gabungan berhasil menemukan satu korban lainnya, namun sudah dalam keadaan meninggal dunia, disusul korban lainnya 15 menit kemudian dalam keadaan tak bernyawa.

"Evakuasi korban diinfokan dari Pak Kepala Desa. Langsung dievakuasi ke rumah duka masing-masing yaitu Dusun Kemuning," ujarnya.

Basarnas Bali mencatat tiga korban yang meninggal dunia bernama I Ketut Sueca (40), I Kadek Berata (44), dan I Kadek Pasek (37).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.