Sukses

Hari Pertama OZC 2023 di Pemalang, Pengendara Tertib Lalin Dapat Sekantong Beras

Kepolisian Resor Pemalang menggelar razia stationer di Alun-alun Pemalang, Senin (4/9/2023). Sejumlah pengendara yang melawan arus terjaring petugas pada hari pertama Operasi Zebra Candi 2023 ini

Liputan6.com, Pemalang - Kepolisian Resor Pemalang menggelar razia stationer di Alun-alun Pemalang, Senin (4/9/2023). Sejumlah pengendara yang melawan arus terjaring petugas pada hari pertama Operasi Zebra Candi 2023 ini.

"Petugas akan memberikan penindakan humanis, berupa edukasi keselamatan berlalu lintas pada pengendara yang melanggar," kata Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Wakapolres Pemalang Kompol Gunawan Wibisono usai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2023 di halaman Mapolres Pemalang.

Dalam kegiatan razia stationer tersebut, pihaknya juga menyiapkan SIM Keliling dan Samsat Keliling untuk memberikan pelayanan di tempat, bagi pengendara yang kedapatan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) miliknya sudah hampir habis.

Gunawan mengatakan petugas tidak hanya menjaring pengendara yang melanggar lalu lintas.

"Bagi pengendara yang kedapatan sudah tertib dan patuh pada peraturan lalu lintas, akan diberikan reward satu paket beras dari petugas," kata dia.

Wakapolres Pemalang mengatakan, pemberian reward satu paket beras dilakukan, untuk memotivasi masyarakat Kabupaten Pemalang agar lebih tertib dalam berkendara.

"Kegiatan edukatif dilakukan, selama gelaran Operasi Zebra Candi 2023 yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai 4-17 September 2023," ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diimbau Lebih Tertib Lalin

Selain mengedepankan edukasi melalui upaya preemtif dan preventif, juga dilakukan penindakan penilangan, baik stationer maupun mobile dengan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE).

Pada kesempatan tersebut, Wakapolres Pemalang mengimbau agar masyarakat Kabupaten Pemalang dapat lebih tertib dalam berlalu lintas.

"Karena tertib berlalu lintas merupakan cermin budaya bangsa, dan untuk keselamatan masyarakat itu sendiri," kata Wakapolres Pemalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.