Sukses

Awali dengan Niat, Cara Mencegah Kolesterol Tinggi di Usia Muda

Penting bagi generasi muda, untuk memahami dan mengadopsi gaya hidup sehat guna mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta - Kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam darah dan merupakan bagian penting dari fungsi tubuh manusia. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko penyakit.

Seperti jantung kolesterol, stroke, arteri perifer, batu empedu dan pembuluh darah, bahkan pada usia muda. Oleh karena itu, penting bagi generasi muda, untuk memahami dan mengadopsi gaya hidup sehat guna mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Kolesterol umumnya terbagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing memiliki kadar normal yang berbeda. Kadar kolesterol ini bisa diketahui melalui pemeriksaan atau cek kolesterol secara rutin, setidaknya setiap empat tahun sekali.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kolesterol di usia muda:

Pola Makan Sehat

Konsumsi lebih banyak makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans, seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan gorengan.

Pilih sumber protein yang sehat, seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.

Aktivitas Fisik Teratur

Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang. Terlibat dalam olahraga atau kegiatan fisik yang disukai untuk meningkatkan motivasi dalam menjaga rutinitas.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolesterol Tinggi

Hindari Kebiasaan Merokok

Jika Anda merokok, berhentilah segera. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kolesterol jahat (LDL).

Kurangi Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida dan memengaruhi keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Berat Badan Ideal

Pertahankan berat badan sehat dengan menggabungkan pola makan yang sehat dan olahraga teratur.

Atasi Stres

Temukan cara mengatasi stres seperti meditasi, yoga, atau kegiatan hobi yang menyenangkan untuk membantu mengurangi dampak negatifnya pada kolesterol.

Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Meskipun masih muda, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Ini membantu dalam mendeteksi faktor risiko kolesterol tinggi atau penyakit jantung lainnya secara dini.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.