Sukses

Nasib Malang Pria di Sulsel Terluka Akibat Septic Tank di Kamar Kosan Meledak

Seorang penghuni kos di Sulsel menjadi korban akibat meledaknya septic tank. Diduga ledakan tersebut terjadi karena korban buang air besar sambil merokok.

Liputan6.com, Bandung - Publik tengah dihebohkan dengan terjadinya sebuah ledakan yang bersumber pada septic tank salah satu kamar kos di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Satu penghuni bernama Sahda Yusuf (26) menjadi korban luka akibat ledakan tersebut dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Melansir dari beberapa sumber, ledakan yang terjadi di Jalan Anggrek, Kelurahan Bulupabbulu, Kecamatan Tempe, itu diduga akibat dari adanya gas dari dalam kamar kos.

Penghuni kos tersebut diketahui sedang buang air besar atau BAB dan menyalakan korek api untuk merokok.

“Bahwa penyebab ledakan tersebut adalah unsur gas yang mirip seperti yang ada di septic tank,” kata Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rochman dikutip pada Senin (10/7/2023).

Gas yang ada di kamar mandi tersebut akhirnya terkena percikan api sehingga terjadi ledakan di dalam kamar kos tersebut. Sehingga penghuni kos menjadi korban dan langsung dilarikan ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan medis.

“Korban menyalakan korek api dengan maksud untuk merokok sambil BAB sehingga untuk sementara dugaan Puslabfor Polda Sulsel itu yang memicu ledakan,” ujar Fatchur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengapa Septic Tank Bisa Meledak?

Peristiwa meledaknya septic tank bisa saja terjadi jika tempat pembuangan tersebut telah mengeluarkan bau gas yang sangat menyengat. Kasus serupa pernah terjadi bahkan menelan korban tewas.

Septic tank sendiri adalah sebuah tangki atau tempat penampungan untuk mengolah limbah cair rumah tangga dengan kecepatan aliran yang lambat. Salah satunya limbah kotoran manusia dan kotoran-kotoran lainnya.

Sebuah septic tank yang tertutup mempunyai potensi ledakan karena adanya gas metana yang terbentuk dari buangan limbah tinja dalam septic tank tersebut.

Melansir dari Livescience, Ledakan bisa terjadi pada septic tank karena adanya pembentukan gas metana yang dihasilkan dari limbah kotoran tersebut. 

Adapun metana termasuk kedalam komponen utama gas alam dan termasuk gas yang mudah terbakar. Sehingga jika gas tersebut terpicu oleh percikan api, septic tank bisa meledak.

Selain itu, kotoran yang menumpuk di septic tank melewati proses pembusukan dan menghasilkan gas metana tersebut. Sehingga jika terpicu dengan api dapat menyebabkan ledakan di dalam septic tank.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.