Sukses

Garut Zero Accident Bencana Mudik Lebaran 2023, Bagaimana Laka Lantas?

Garut zero accident alias bebas bencana alam selama masa mudik Lebaran Idulfitri 2023 berlangsung.

Liputan6.com, Garut - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat menyatakan Garut zero accident alias bebas bencana alam selama masa mudik Lebaran Idulfitri 2023 berlangsung.

“Alhamdulillah kalau laporan dari lapangan selama mudik lebaran 2023 bencana alam tidak ada, kalau musibah laka lantas ada, tapi hanya accident kecil saja sesama pemudik, sudah saling memaafkan,” ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Garut Satria Budi, Senin (24/4/2023)

Menurutnya, kondisi alam Garut termasuk rawan bencana alam di wilayah Jawa Barat. Bersyukur selama masa mudik lebaran Idulfitri 2023, insiden bencana alam tidak terjadi.

“Tidak hanya mudik, tapi sampai arus balik dan seterusnya kami semua berharap semoga Garut bebas bencana,” kata dia.

Selama mudik Lebaran 2023 berlangsung, lembaganya menerjunkan petugas dan siaga penuh di seluruh pospam lebaran yang telah disediakan Pemda Garut. “Kami juga menerjunkan petugas di wilayah perairan Garut selatan memberikan himbauan kepada pengunjung pantai,” kata dia.

Ihwal kecelakaan kecil yang melibatkan rombongan pemudik yang menggunakan mobil Toyoya Avanza dengan pemudik pengendara sepeda motor di bilangan Simpang Tiga Tarogong, saat itu pula keduanya langsung saling bermaafan serta diselesaikan secara kekeluargaan.

“Informasi laka yang masuk ke kami sementara hanya laka kecil senggolan karena ngantuk, agar lebih lengkap bisa konfirmasi ke bagian lantas atau Dinas Perhubungan,” kata dia.

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung laut, Lembaganya telah memasang sejumlah spanduk imbauan kebencanaan, agar seluruh pengunjung laut waspada terhadap setiap perubahan iklim selama berlibur di perairan Garut.

“Misalkan kalau hujan intensitas tinggi, angin kencang, mohon segera jauhi bibir laut, silahkan berlibur di laut namun tetap dengan kehati-hatian, perhatikan setiap imbauan petugas jaga,” pinta dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.