Sukses

Melonjak, Pemudik Lebaran Melalui Bandara Sam Ratulangi Manado Naik 9 Persen

“Puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 ini terjadi pada, Rabu 19 April 2023,” ungkap Manajer Humas Angkasa Pura 1 Bandara Sam Ratulangi Manado Yanti Pramono, Rabu (19/4/2023).

Liputan6.com, Manado - Warga yang mudik Lebaran 2023 melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mengalami peningkatan 9 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2022. Namun angka ini masih kecil dibanding sebelum pandemi Covid-19.

“Puncak arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 ini terjadi pada, Rabu 19 April 2023,” ungkap Manager Humas Angkasa Pura 1 Bandara Sam Ratulangi Manado Yanti Pramono, Rabu (19/4/2023).   

Yanti mengungkapkan, pihaknya memprediksi pada puncak arus mudik itu sebanyak 4.931 warga menggunakan transportasi udara di Bandara Sam Ratulangi Manado. Namun hingga saat ini sudah naik lebih dari perkiraan sebelumnya.

“Dibanding tahun lalu, angka mudik ada kenaikan 9 persen. Sedangkan untuk arus balik akan terjadi pada 9 April,” ujarnya.

Yanti menambahkan, jumlah penumpang di Bandara Sam Ratulangi Manado untuk periode Januari hingga Maret 2023 mengalami kenaikan 26 persen. Namun jika dibanding sebelum pandemi Covid-19, masih minus 28 persen.

“Untuk tujuan penumpang paling banyak tujuan Jakarta dan Pulau Jawa. Juga rute Balikpapan dan Bandung,” ujarnya.

Sementara untuk kelancaran pengguna jasa Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti mengatakan, ada Posko Bandara yang tujuannya untuk peningkatan pemantauan ketertiban, kenyamanan, kelancaran dan keamanan dari calon penumpang.

“Tetap memperhatikan persyaratan perjalanan. Harus tertib memenuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Dari pantauan Liputan6.com di Bandara Sam Ratulangi Manado, sejak pagi hari ratuan penumpang mulai memadati salah satu bandara terbesar di Indonesia Timur itu. Proses keberangkatan dan kedatangan oenumpang berjalan dengan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.