Sukses

Ini Dia 5 Jenis Gorengan yang Paling Sering Diserbu Saat Berbuka Puasa

Gorengan dengan teksturnya yang renyah, dipadukan dengan rasa gurih manis memang mampu menghipnotis banyak orang. Jadi tidak heran jika banyak orang yang tidak bisa melewatkannya saat berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Meski bukan menu buka puasa yang paling menyehatkan, tetapi berbuka puasa dengan gorengan seolah menjadi tradisi saat Ramadan. Banyak orang yang bahkan merasa kurang, ketika tidak menemukan gorengan di atas meja saat.

Gorengan dengan teksturnya yang renyah, dipadukan dengan rasa gurih manis memang mampu menghipnotis banyak orang. Jadi tidak heran jika banyak orang yang tidak bisa melewatkannya saat berbuka puasa.

Gorengan sendiri memiliki berbagai jenisnya. Mulai dari tahu dan tempe goreng bertepung sebagai jenis yang paling umum, ada juga risoles, martabak, cakue, dan masih banyak lagi.

Di antara banyaknya jenis gorengan yang biasa dijual, tapi lima jenis gorengan inilah yang paling cepat habis saat menjelang berbuka selama Ramadan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Jenis Gorengan Terfavorit Selama Ramadan

1. Tahu Isi

Tahu isi alias gehu selalu banyak dicari para penggemar gorengan saat berbuka puasa. Biasanya, ada dua jenis tahu isi yang dijual.

Tahu isi pedas dan original. Keduanya sama-sama jadi menu favorit hampir separuh penduduk Indonesia saat berbuka. 

2. Tempe 

Tempe goreng yang diiris tipis dan berbalut tepung gurih yang tebal dan renyah adalah menu berbuka puasa favorit lainnya. Meski begitu, beberapa orang juga menyukai tempe mendoan dengan balutan tepung yang agak basah dan lebih berminyak.

Cocol tempe mendoan di sambal kecap atau tambahkan rawit hijau yang renyah sebagai pelengkap. Dan buka puasa pun akan terasa lebih memuaskan!

3. Bala-bala 

Jenis gorengan lain yang juga banyak dicari selama Ramadan adalah bala-bala atau bakwan. Gorengan yang satu ini juga menjadi menu favorit para pecinta gorengan.

Bala-bala bisa dinikmati dengan berbagai cara. Mulai dari dicelupkan ke kuah cuko yang menyegarkan, dilumuri saus cabe botolan, hingga dinikmati dengan rawit hijau yang renyah.

4. Cireng

Teksturnya yang renyah di bagian luar dan kenyal di bagian dalam, membuat banyak orang menyukainya. Tidak heran jika cireng juga jadi salah satu menu gorengan favorit saat berbuka puasa selama Ramadan.

Ada beberapa jenis cireng yang bisa dijumpai, mulai dari cireng yang diisi dengan berbagai pilihan, mulai dari ayam hingga keju; hingga cireng rujak yang biasanya dinikmati dengan sambal rujak.

5. Pisang

Tentunya pisang juga jadi menu gorengan yang paling disukai saat berbuka. Selain pisang goreng tepung, orang juga banyak menyukai pisang aroma yang berbalut kulit renyah dan manis.

Nah, itu dia lima jenis gorengan favorit yang menjadi menu berbuka wajib bagian sebagian orang di Indonesia. Kalau kamu suka yang mana?

Yang penting untuk diingat, meski nikmat tapi pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.