Sukses

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sumut Mulai Puasa Ramadan Hari Ini 21 Maret 2023

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah pada hari ini, Selasa (21/3/2023). Pada Senin, 20 Maret 2023, malam, mereka sudah melaksanakan salat tarawih.

Liputan6.com, Jakarta Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah pada hari ini, Selasa (21/3/2023). Pada Senin, 20 Maret 2023, malam, mereka sudah melaksanakan salat tarawih.

Hal itu dikatakan oleh jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah, Syekh Muda Markum.

"Iya, mulai hari ini jemaah Tarekat Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah sudah melaksanakan puasa Ramadan," ucapnya.

Diterangkannya, penetapan 1 Ramadan 144 Hijriah oleh Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah berdasarkan perhitungan Hisab Qomariah yang dilaksanakan di Pesantren Pusat, yaitu di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.

"Hisab dilaksanakan oleh majelis fatwa dan Dewan Mursyidin, dipimpin oleh Tuan Guru langsung, Buya Syekh Muhammad Nur Ali," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diikuti Para Jemaah

Diungkapkan Markum, salat tarawih sudah dilaksanakan di masing-masing rumah persulukan jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah yang tersebar di Indonesia, termasuk di Provinsi Sumut, di Kabupaten Deliserdang dan Simalungun.

"Seluruh jemaah sudah melaksanakan salat tarawih di seluruh rumah suluk, dan majelis yang ada di seluruh Indonesia," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Berbeda dengan Pemerintah

Tidak hanya lebih awal menjalani ibadah puasa Ramadan dari yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yaitu pada Kamis, 23 Maret 2023, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Khalidiyah Jalaliyah juga menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah pada Kamis, 20 April 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.