Sukses

Jangan Cemas, Ini 6 Cara Mengatasi Rasa Cemas

Ada kalanya perasaaan cemas malah mendorong kamu untuk segera menyelesaikan masalah

Liputan6.com, Jakarta - Cemas adalah sebuah emosi yang wajar dirasakan oleh setiap manusia. Perasaan cemas juga tidak selalu memberikan dampak yang negatif. 

Ada kalanya perasaan cemas malah mendorong kamu untuk segera menyelesaikan masalah. Namun, tingkat kecemasan yang dialami orang akan berbeda-beda.

Bila berlangsung secara terus menerus akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas:

Metode Grounding 5-4-3-2-1

Ketika rasa cemas menyerang, lihatlah lingkungan sekitar dan sebutkan 5 benda yang ada di sekeliling kamu, lalu sebutkan 4 benda yang bisa kamu sentuh. Setelah itu kamu bisa diam sejenak dan sebutkan 3 suara yang kamu dengar. 

Lanjutkan dengan menyebutkan 2 bau yang bisa kamu hirup. Dan yang terakhir kenali 1 rasa yang ada pada lidah kamu. Cara mengatasi gangguan kecemasan yang satu ini diyakini bisa menghentikan pikiran negative yang membuatmu gelisah.

Mengambil Napas Panjang

Cara yang cukup sederhana ini bisa membantu tubuhmu mengaktifkan respons relaksasi. Sehingga stres dan kecemasan yang kmau rasanya bisa berkurang. 

Kamu hanya perlu menarik napas panjang melalui hidung, kemudian menahannya Selama beverapa detik. Kemudian hembuskan melalui mulut secara perlahan.

Latihan pernapasan ini juga bisa kamu praktikkan setiap hari untuk membantu menenangkan diri dan melepaskan pikiran yang mengganggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batasi Penggunaan Sosial Media

Batasi Media Sosial

Memang media sosial adalah tempat untuk mencari informasi. Tapi juga bisa menjadi sumber rasa cemas pada sebagian orang.

Meski tidak bisa membatasi penggunaanya secara total, setidaknya mengurangi waktu untuk bemedia sosial bisa membantu menurunkan kecemasan.

Meluangkan Waktu 

Sediakanlah waktu utuk diri sendiri, misalnya dengan berjalan santai, meditasi, atau duduk santai sambil minum teh hangat. Bila perlu matikan telepon genggam selama beberapa saat supaya kamu tidak terganggu.

Terkadang rasa cemas dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon stres. Menyediakan waktu untuk diri sendiri dan melakukan relaksasi adalah salah satu cara yang bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan meredakan rasa emas.

Olahraga

Banyak sekali yang setuju bahwa olahraga dapat meningkatkan mood. Olahraga juga diyakini mampu mengurangi rasa cemas.

Tidak hanya itu, olahraga juga bisa melepaskan zat endorphin yang berupa hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan perasaan senang. Oleh karena itu dianjurkan untuk olahraga secara rutin dan teratur.

Curhat 

Kamu juga bisa melakukan curhat atau menceritakan apa yang sedang kamu rasakan dan alami kepada orang yang kamu percaya. Siapa tahu mereka punya solusi yang terbaik untuk masalahmu atau membantu memberikan kamu rasa tenang.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.