Sukses

Wajib Dicoba, 5 Tempat Kuliner Unik di Solo Bikin Ketagihan

Banyak tempat wisata kuliner terkenal Solo yang wajib kamu kunjungi saat singgah di Kota yang dijuluki The Spirit of Java.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kota atau daerah di Indonesia selalu mempunyai keunikannya tersendiri. Termasuk Kota Solo Jawa Tengah.

Ragam keunikan bisa dilihat di Solo, mulai dari budaya, tradisi hingga destinasi wisata alam. Namun yang tidak boleh dilupakan dan dilewatkan oleh para wisatawan saat berkunjung ke Kota ini adalah wisata Kuliner Solo.

Wisata kuliner terkadang memang menghadirkan daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak tempat wisata kuliner terkenal Solo yang wajib kamu kunjungi saat singgah di Kota yang dijuluki The Spirit of Java.

Berikut adalah daftar tempat kuliner solo yang bisa kamu jadikan refrensi makan selama berada di sini:

Soto Gading

Tempat makan ini berada di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon, tepatnya di sekitaran alun-alun selatan Keraton Solo.

Di sini adalah Tempat soto ayam terbaik yang ada di Solo. Nasi dengan mie soon dan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening kaya aroma rempah in dijamin akan membuat pagi harimu lebih besemangat.

Tambahan Telur puyuh, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan. Berbagai lauk pauk yang disajikan di meja bisa kamu ambil untuk menjadi tambahan memeriahkan hidangan sotomu.

Warung ini juga sudah menjadi langganan pejabat ketika berkunjung ke kota Solo, lho! Warung soto ini dibukan mulai pukul 6 pagi.

Warung Pecel Solo

Warung Pecel Solo cukup terkenal dengan nama Warung Ndeso Resto. Warung yang menyajikan aneka panganan tradisional ini berada di Jalan Dr. soepomo No. 55 Mangkubumen Solo.

Warung Pecel solo ini buka dua kali setiap harinya: pukul 08.00-16.00 dan 18.00-22.00. Menu spesial dari warung ini adalah pecel ndeso (desa), nasi merah dipadu dengan daun bayam, daun kenikir, daun papaya, kembang turi, dan jantung pisang yang dicampur sambel pecel yang terasa manis pedas.

Warung Pecel Solo ini juga menyediakan beberapa jenis minuman tradisional seperti temu lawak, beras kencur, jahe pandan, dan kunir asem sirih, yang bisa dipesan hangat atau pun dingin.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Srabi Notosuman

Kuliner ini sudah sangat terkenal sejak dahulu, serabi Notosuman ini sudah beroperasi sejah tahun 1923. Makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dansantan dan dimasak dalam cetakan di atas tungku-tungku kecil.

Bagi wisatawan ataupun ppenduduk lokal, serabi Notosuman ini adalah yang terbaik di Kota Solo. Ada dua varian Serabi Notosuman ini, ada yang coklat dan polos.

Satu porsi serabi berisi 10 buah dan harganya Rp20.000, sedabgkan yang varian coklat Rp25.000.Untuk kamu yang ingin mnyantam panganan yang satu ini kamu bisa berkunjung ke gerai Serabi Notosuman yang aad di jalan Mohammad Yamin No 28.

Cambuk Rambak Solo

Makanan enak di Solo selanjutnya adalah Cambuk Rambak. Cambuk Rambak ini merupakan cemilan masyarakat Solo yang bisa makan untuk sarapan, makan siang bahkan untuk mengganjal perut pada malam hari.

Makanan ini biasanya disajikan dengan pincul (wadah yang terbuat dari daun pisang), isi dari cambuk rambak ini adalah ketupat yang diiris tipis, sambal wijen dan karak.Kalau pagi, kamu akan menemukan ibu-ibu yang menjajakan cambuk rambak ini di sekitaran Stadion Manahan Solo.

Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer

Jika kamu sedang berjalan-jalan ke Pasar Klewer, jangan lupa untuk mampir ke warung Bu Edi. Di sini kamu bisa mencoba makanan Tengkleng yang sudah terkenal.

Tengkleng sendiri adalah olahan tulang tulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas, sungguh sangat sayang untuk dilewatkan. Lokasinya ada di sisi utara gapura Pasar Klewer, biasanya Bu Edi menjajakan dagangannya sejak jam 2 siang. Namun hanya dalam hitungan jam tengkleng Bu Edi sudah pasti habis terjual.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.