Sukses

Deretan Kuliner Legendaris Malang yang Wajib Dicoba

Cuaca yang dingin menjadikan pengunjung semakin nyaman menikmati sajian kuliner khas Malang yang tak kalah melegenda.

Liputan6.com, Malang - Malang merupakan salah satu tujuan wisata yang berada di Jawa Timur. Dikenal dengan wisata alam, Malang juga memiliki ragam wisata kuliner yang wajib dicoba.

Karakteristik kuliner khas Malang ini tidak lepas dari kuliner kuah dan langsung dimasak. Cuaca yang dingin menjadikan pengunjung menikmati sajian kuliner khas Malang yang tak kalah melegenda.

Malang juga memiliki begitu banyak makanan khas daerah dan menjadi paket komplet setiap kamu berlibur. Mulai dari kuliner berkuah hingga kuliner cepat saji yang estetik untuk dinikmati.

Tak lengkap rasanya ketika ke Malang tanpa sempat mencicipi makanan khas daerah tersebut. Berikut deretan kuliner khas Malang wajib dicoba:

Nasi Goreng Mawot

Nasi goreng dengan tambahan mi dalam satu piring, sekilas tampilan Nasi Goreng Mawot ini seperti nasi goreng magelangan yang ada di Magelang. Namun, mi yang dipakai di Nasi Goreng Mawot ini ukurannya lebih besar dibandingkan nasi goreng magelangan.

Dengan rempah dan ciri khas masakan Jawa Timur yang asin pedas, membuat Nasi Goreng Mawot ini memiliki rasa yang berbeda dari nasi goreng magelang. Jadi kalian harus Cobain Nasi Goreng Mawot ini, yah.

Bakso Malang

Siapa sih yang enggak kenal makanan khas Malang yang satu ini? Makanan yang menjadi salah satu ikon Kota Malang ini dijual hampir di seluruh kota di Indonesia, baik dengan gerobak dorong ataupun yang sudah memiliki kedai, dan bahkan restoran bisa kita temui dari desa hingga kota.

Bakso Malang sendiri memiliki isi yang lebih beragam dari bakso-bakso lain, mulai dari bakso, tahu putih, pangsit , siomai, mi kuning, mi putih, bawang goreng, daun bawang, dan tauge. Hal lain yang menjadi khas dari Bakso Malang ini adalah Bakwannya yang super renyah.

Orem-orem

Makanan ini adalah makanan yang wajib kamu cobain ketika kamu berkunjung ke Kota Malang. Orem-orem berbahan dasar tahu dan tempe, meski dengan bahan sederhana makanan yang satu ini sudah sangat terkenal karena terbukti menggugah selera, loh.

Dalam penyajiannya, orem-orem juga dilengkapi dengan ketupat atau lontong, dan diolah dengan kuah santan yang kental dan gurih. Makanan ini sangat cocok disantap pada siang hari saat perut keroncongan.

Rujak Cingur

Rujak Cingur biasanya disajikan dengan sayuran, irisan tahu, lontong, irisan tempe, tauge, kacang panjang, dan kerupuk. Lalu disiram dengan saus petus yang kental dan sangat khas.

Bahan utama dari rujak cingur ini tentu saja cingur sapi atau mulut sapi diolah dengan bumbu dan rempah yang kemudian membuat rasanya sangat nikmat. Makanan khas Jawa Timur ini bisa dengan mudah kamu temui di Malang saat kamu berkunjung.

Soto Geprak

Soto dengan daging yang diolah dengan cara digeprek ini memiliki rasa sedap yang khas. Hanya dijajakan pada saat malam hari, tapi saking ramainya, makanan ini sering kehabisan stok saat masih sore. Jadi disarankan untuk kamu yang ingin menikmati makanan khas Malang satu ini, kamu harus datang di sore hari, supaya enggak kehabisan.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawon Guling

Selain bakso, makanan khas satu ini juga menjadi ikon dari Kota Malang. Selayaknya bakso Malang, makanan satu ini juga akan kamu temukan dengan mudah ketika berkunjung ke Kota Malang.

Diolah dengan bumbu-bumbu dan rempah yang khas, makanan dengan kuah berwarna gelap dan tidak kental yang ikonik dan juga berbahan dasar daging sapi ini memiliki cita rasa yang lezat, gurih, nikmat, dan akan membuat kamu ketagihan.

Sate Landak

Mungkin kita akan sedikit heran ketika mendengar nama satai landak, meski terdengar ekstrem karena berasal dari daging hewan yang terbilang liar, sate landak memiliki rasa yang layak untuk kamu cicipi. Satai ini diolah dengan bumbu-bumbu yang pas dan tekstur daging yang lembut juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

Dihidangkan seperti satai pada umumnya, seperti ditambah irisan timun, tomat, bawang merah, saus kacang, dan kecap.

Nasi Pecel Kawi

Banyak wisatawan berkunjung ke Malang hanya untuk bisa mencicipi nasi pecel khas Malang ini. Sajian nasi yang ditambah sayuran dengan siraman bumbu kacang ini memang memiliki rasa yang sangat enak. Biasanya nasi pecel ini turut disajikan dengan rempeyek atau kerupuk puli, kerupuk yang terbuat dari nasi.

Tahu Lontong Lonceng

Makanan yang sudah ada sejak tahun 1935 ini bisa dikatakan adalah makanan khas Malang yang cukup legendaris. Di mana makanan ini sudah ada sejak Indonesia belum merdeka.Terdiri dari lontong, tahu, sayuran, toge dan telor yang kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap manis. Disajikan dengan irisan mentimun, tomat, dan kerupuk. Dan akan lebih nikmat jika ditambah sambal untuk memberikan sensasi pedas manis.

Nasi Bakmoy

Makanan khas malang satu ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Sajian nasi dengan kuah ayam kaya rempah dan bumbu menjadikan Nasi Bakmoy memiliki citra rasa yang khas. Lengkap dengan potongan daging ayam, tahu, dan irisan daung bawang.

Seporsi Nasi Bakmoy hangat bisa menjadi pilihan sarapanmu yang selain nikmat juga cukup mengenyangkan.

 

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.