Sukses

Banjir di Rokan Hilir, Ribuan Warga Mengungsi

Intensitas tinggi hujan deras dalam beberapa hari terakhir di Rokan Hilir membuat ribuan warga mengungsi ke rumah sanak saudara, tenda pengungsian hingga gedung sekolah.

Liputan6.com, Pekanbaru - Intensitas tinggi hujan deras dalam beberapa hari terakhir di Riau membuat sejumlah daerah banjir. Setelah longsor dan banjir di Pekanbaru, bencana hidrometeorologi ini terjadi di Kabupaten Rokan Hilir. 

Banjir di Rokan Hilir terjadi di Desa Bantayan, Kecamatan Batu Hampar. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau ada 350 kepala keluarga terdampak. 

Menurut Kepala BPBD Riau Edy Afrizal, ratusan kepala keluarga itu terdiri dari 1.750 jiwa. Ribuan orang tersebut telah meninggalkan rumah untuk mengungsi ke sanak saudara. 

"Ada juga yang mengungsi ke tenda pengungsian yang disediakan pemerintah," kata Edy, Selasa petang, 27 Desember 2022.

Selain tenda pengungsian, korban banjir di Rokan Hilir juga ada yang mengungsi ke gedung sekolah. Gedung sekolah bisa dipakai karena peserta didik saat ini tengah libur. 

"Yang mengungsi ke tenda dan gedung sekolah ada 47 lansia, 27 ibu hamil, balita 108 orang, orang dewasa dan anak-anak," ujar Edy. 

BPBD Riau bersama pihak terkait sudah menyalurkan bantuan, khususnya korban banjir lansia, balita dan ibu hamil. Pemerintah mengirimkan bahan pokok dan logistik lainnya. 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Surut

Edy menjelaskan, banjir karena intensitas tinggi hujan deras ini membuat sungai meluap. Salah satu faktornya adalah pendangkalan sungai sehingga merendam rumah hingga selutut orang dewasa. 

"Saat ini sudah mulai surut, semoga tidak hujan lagi," imbuh Edy. 

Tidak hanya di Rokan Hilir, banjir juga terjadi di Kabupaten Bengkalis. Pihak BPBD tengah mendata jumlah korban sebagai acuan untuk mengirimkan bantuan logistik. 

"BPBD juga mengerahkan personel ke lapangan memberikan pertolongan kepada korban," ucap Edy. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini