Sukses

Pendukung Arab Saudi Rela Tempuh Piala Dunia 2022 dengan Berjalan Kaki Sejauh 1.600 Km

Liputan6.com, Jakarta - Abdullah Al-Salmi, pendukung setia Arab Saudi kini boleh melepas kelegaan setelah menempuh perjalanan 1.600 kilometer dengan berjalan kaki. Hal itu dia lakukan demi kecintannya pada Timnas Arab Saudi yang tampil di Piala Dunia Qatar 2022 yang dipenuhi dengan kontroversi.

Bagi Abdullah Al-Salmi, ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Dia berjalan 1.600 km dari kampung halamannya Jeddah di Arab Saudi, sampai ke Doha.

Dia mengatakan kepada BBC Arabic bahwa terlepas dari tantangan yang dia hadapi, perjalanan itu sepadan.

Total, Al-Sahmi menghabiskan waktu selama 55 hari berjalan melintasi gurun untuk mencapai Qatar pada pekan lalu untuk memberikan dukungan pada tim nasionalnya yang akan bermain di Piala Dunia 2022.

Setelah mencapai Doha, Al-Salmi disambut oleh kerumunan pendukung dari seluruh Qatar. Fans mengucapkan selamat atas prestasinya saat berpose untuk foto bersamanya di bawah bendera Saudi.

“Saya selalu ingin menghadiri Piala Dunia, dan dengan turnamen yang datang ke dunia Arab untuk pertama kalinya. Saya ingin menandai kesempatan itu dengan berjalan melintasi Semenanjung Arab dalam pertunjukan persaudaraan dan persatuan antara dua negara tetangga,” kata Al Salmi dikutip dari situs web Qatar2022.

Perbatasan darat Qatar-Saudi di Abu Samra berjarak sekitar 100 km dari Doha dan pihak berwenang Qatar telah memperbarui fasilitas imigrasi dan bea cukai karena ribuan penggemar Saudi diperkirakan akan masuk untuk menonton pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bukti Kecintaan

Al-Sahmi mengaku dirinya ingin berjalan kaki dari Laut Merah, dari Jeddah ke Doha di Teluk Arab. Bagi dia, hiking memberi rasa kebebasan dan dia ingin berbagi semangat dan cinta ini dengan jutaan penggemar yang sangat menantikan Piala Dunia 2022.

“Saya berharap tim nasional kami mendengar tentang perjalanan saya dan itu menginspirasi mereka untuk melakukan yang terbaik di turnamen. Saya ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa tidak ada yang mustahil dan bahwa dengan kerja keras dan tekad, Anda dapat melakukan apa saja,” ucap Al-Salmi.

3 dari 3 halaman

Arab Saudi Berjumpa Argentina

Arab Saudi akan berjumpa Timnas Argentina pada matchday pertama grup C Piala Dunia 2022. Laga bakal tersaji di Stadion Ikonik Lusail, Selasa (22/11/2022) pukul 17.00 WIB.

Timnas Argentina merupakan unggulan di Piala Dunia 2022. Sementara itu, Arab Saudi diprediksi akan mengalami kesulitan untuk bersaing.

Selain Argentina, Arab Saudi akan mendapatkan lawan berat dari grup ini yaitu Polandia dan Meksiko.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS