Sukses

5 Fakta Menarik Bola Produksi Madiun di Piala Dunia 2022 Qatar

Berikut fakta menarik Al Rihla bola piala dunia asal Madiun

Liputan6.com, Yogyakarta - Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar sudah digelar Minggu, 20 November 2022. Seiring dengan dimulainya acara, banyak penggemar sepak bola menyoroti bola resmi yang digunakan pada perhelatan besar ini.

Adidas Al Rihla adalah nama bola yang digunakan pada turnamen piala dunia kali ini, rupanya bola ini di produksi di Indonesia. Berikut fakta menarik Al Rihla bola piala dunia asal Madiun.

1. Asal-Usul dan Makna Al Rihla

Nama Al Rihla diambil dari Bahasa Arab yang artinya perjalanan. Makna ini digunakan untuk melambangkan perjalanan olahraga bagi mereka yang terlibat di dalamnya.

Adidas kembali dipercaya oleh FIFA untuk memproduksi bola resmi pada piala dunia kali ini. Perusahaan manufaktur asal Jerman tersebut selalu menjadi pemasok utama bola dalam 3 edisi piala dunia terakhir.

2. Bola ke-14 dari Adidas

Adidas Al Rihla menjadi bola ke-14 yang diproduksi perusahaan manufaktur asal Jerman tersebut. Adidas mengklaim bahwa bola ini memiliki akurasi lebih baik.

Hal ini disebabkan karena bola ini bergerak di udara lebih baik dari yang sudah mereka produksi sebelumnya.Era Adidas di piala dunia dimulai pada 1970.

Pada tahun tersebut Adidas memperkenalkan Adidas Telstar dengan spesifikasi 32 panel. Nama Telstar sendiri terinspirasi dari satelit Amerika Serikat, satelit Telstar, yang dimana merupakan satelit komunikasi pertama di dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Diproduksi di Madiun, Indonesia

Masyarakat Indonesia boleh bangga, pasalnya bola Al Rihla merupakan produksi dalam negeri. Bola ini di produksi di Madiun, Jawa Timur.

Adidas mempercayakan kepada PT Global Way Indonesia untuk memproduksi bola tersebut. Melalui kerjasama tersebut, masyarakat Jawa Timur menjadi telah bagian dari resonasi ekonomi dunia.

PT Global Way Indonesia merupakan perusahaan Indonesia yang bermitra dengan Adidas dan Puma untuk memproduksi alat-alat olahraga berkualitas tinggi. Perusahaan ini telah mengekspor bola ke Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brasil.

Hal ini menjadi kerjasama untuk kedua kalinya Global Way Indonesia dengan Adidas pada gelaran piala dunia. Pada edisi Piala Dunia 2018 Rusia, perusahaan ini memproduksi souvenir untuk turnamen tersebut bersama Adidas.

4. Spesifikasi Al Rihla

Adidas Al Rihla memiliki desain panel yang terinspirasi dari perahu Dhow dan memiliki corak warna biru, merah dan kuning yang solid, dimana hal ini mempresentasikan landscape di Doha, Qatar. Al Rihla adalah bola pertama piala dunia yang terbuat eksklusif dari tinta berbasis air dan lem.

Selain itu, ada dua fitur penting lain dari bola ini. Pertama, CRT-CORE, bagian hati dari bola. Bagian ini memberikan kecepatan, akurasi, dan konsistensi dalam pertandingan yang intens.

Bagian ini juga berfungsi untuk mempertahankan bentuk, udara dan pantulan yang maksimal. Kedua, Speedsheel, yaitu kulit poliuretan bertekstur dalam bentuk 20 panel yang meningkatkan akurasi, stabilitas dan rotasi bola.

5. Dilengkapi Teknologi AI

Al Rihla akan dilengkapi dengan teknologi sensor Artificial Intelligence (AI) di dalam bola. Sensor ini memungkinkan sensor gerak dengan ketepatan waktu tertinggi.

Sensor gerak dengan (IMU) Inertia Measurement Unit 500 Hz ini memungkinkan pengumpulan data pergerakan bola yang sangat akurat dan dapat ditransmisikan ke perangkat pertandingan dalam waktu hitungan detik. Teknologi yang dikombinasikan dengan data posisi pemain dan AI ini, membuat bola terhubung dengan teknologi offside semi otomatis.

Hal ini akan memberikan informasi secara instan kepada wasit VAR untuk membantu membuat keputusan lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.