Sukses

Jajanan Pasar Patut Dicoba Saat Berkunjung ke Medan

Medan tak hanya dikenal dengan kuliner tradisional yang khas namun sejumlah makanan ringan tradisional ini sering menjadi incaran wisatawan

Liputan6.com, Jakarta - Jajanan pasar adalah makanan tradisional yang kerap kali diburu oleh wisatawan yang tengah berwisata kuliner ke daerah. Salah satunya Medan Sumatera Selatan.

Wilayah Medan juga memiliki banyak jajanan pasar yang khas. Mulai dari bentuk hingga rasa beragam dan unik, ada yang manis, gurih, hingga menyegarkan loh.

Jika Anda dan bingung mencicipi jajanan pasar Medan, berikut rekomendasinya:

Lemang

Anda pernah mendengar jajanan bernama lemang, bukan? Jajanan pasar khas Medan ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus menyerupai lontong. Bedanya, lemang dimasak dengan cara dibakar sehingga efek hangusnya menambah cita rasa khas tersendiri.

Lemang bisa Anda santap begitu saja karena rasanya gurih. Atau, Anda bisa menyantapnya dengan lauk selayaknya menyantap makanan besar loh.

Bika Ambon

Wah, siapa sih yang tidak kenal dengan bika ambon? Makanan ini khas Medan dan terkenal di seluruh Indonesia. Biasanya memang dijadikan oleh-oleh, tetapi Anda bisa menjumpainya sebagai jajanan yang banyak dijajakan di pasar tradisional loh.

Bika Ambon sangat lezat ketika disantap saat hangat, bersama teh tawar atau kopi hitam panas. Terlebih, dinikmatinya ketika hujan turun pasti akan membuat cita rasanya menjadi lebih lezat. Pokoknya, jangan sampai melewatkan bika ambon ketika ke Medan ya.

Lupis Medan

Medan juga memiliki jajanan pasar khas bernama lupis loh. Namun, bahannya berbeda dengan lupis khas Jawa. Lupis medan ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun kelapa lalu dikukus hingga matang.

Selayaknya lupis pada umumnya, Lupis Medan juga akan disajikan dengan taburan parutan kelapa dan kucuran gula merah cair. Wah, sudah dipastikan ya rasa manis dan gurihnya begitu lezat.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ombus Ombus

Jajanan pasar khas Medan ini berasal dari Tapanuli Utara. Bahan utamanya adalah beras yang di bagian tengahnya diberi gula merah lalu dibungkus daun pisang dan dikukus. Ketika disantap, ombus ombus ini sangat nikmat karena gula merah di bagian tengah yang lumer akan memberikan sensasi unik tersendiri.

Ombus Ombus ini bukan jajanan pasar biasa loh. Sebab, biasanya makanan ini pasti akan disajikan di acara besar dalam budaya Batak.

Kolak Durian

Medan memang terkenal dengan durian berkualitas sangat baik nih. Maka dari itu, di Medan banyak makanan dengan bahan utama durian. Salah satunya adalah jajanan pasar khas Medan ini, yaitu kolak durian.

Seperti halnya kolak pada umumnya, cita rasa kolak durian adalah manis. Di dalamnya juga terdapat irisan ketan putih, pisang, dan jagung rebus loh sehingga akan memberikan efek kenyang. Kuah santan dan gula merahnya akan semakin nikmat jika diberi es batu.

Pancake Medan

Pancake medan ini memiliki bentuk yang begitu khas, yaitu kotak membulat berwarna kuning dengan isian paling terkenal adalah durian. Cita rasanya yang manis pasti akan membuat ketagihan sehingga tidak akan berhenti di satu pancake saja.

Pohul-Pohul

Kue ini berbentuk seperti dikepal sehingga disebut pohul-pohul yang memang artinya adalah kepalan tangan. Terbuat dari campuran tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah yang dikukus hingga empuk.

Pohul-pohul memiliki filosofi yang dalam loh. Konon, cara pembuatan pohul-pohul dengan cara dikepal ini menandai tentang jabatan tangan untuk menandai suatu kesepakatan penting dan lima waktu berharga dalam budaya Batak.

Wah, sudah pasti menggiurkan deh 7 jajanan pasar khas Medan tersebut. Jika Anda berlibur ke Medan, wajib sekali untuk mencicipinya. Dibawa untuk oleh-oleh juga bisa, tetapi banyak yang tidak bisa bertahan lama karena memang harus disantap saat itu juga setelah penyajian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.