Sukses

H-2 KTT G20, Begini Penyesuaian Penerbangan Reguler di Ngurah Rai Bali

Ada sekitar 35 negara yang hadir dalam kegiatan G20 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan kelancaran pengaturan penerbangan reguler domestik dan internasional di Bandara Ngurah Rai, Bali, selama masa penyelenggaraan KTT G20.

Ada sekitar 35 negara yang hadir dalam kegiatan ini.

“Antara tanggal 13-17 November 2022, hanya tanggal 14 November yang relatif padat karena kedatangan tamu negara menggunakan pesawat kenegaraan. Selebihnya, slot penerbangan relatif normal,” kata Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/11/2022).

Riyanto mengatakan, ada penyesuaian penerbangan reguler domestik terkait jadwal.

“Hanya saja untuk penerbangan reguler domestik terdapat penyesuaian waktu menjadi lebih pagi atau malam. Serta, rute penerbangan hanya dari Bandara Soekarno Hatta ke Ngurah Rai Bali atau sebaliknya,” ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peresmian Terminal VVIP

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan tiga pelabuhan di Bali yaitu Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Penyeberangan Bias Munjul, dan Pelabuhan Penyeberangan Sampalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, revitalisasi Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilakukan dalam rangka mendukung penyelenggaraan G20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah dan memegang presidensi pada tahun ini.

“Kita ingin memberikan kesan yang baik, karena terminal VVIP ini menjadi tempat singgah sementara dan pertemuan dari para tamu penting negara,” kata Budi.

Revitalisasi terminal yang dibangun kurang lebih 3,5 bulan ini adalah hasil kolaborasi antara Kemenhub, Kementerian PUPR, Kemen BUMN, Kemenkeu, arsitek asal Bali, dan pihak terkait lainnya.

Ruang lingkup pekerjaan revitalisasi terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai meliputi beautifikasi terminal VVIP (eksisting); pembangunan terminal VVIP (baru); penataan lansekap dan service road (baru); dan realokasi EMPU kargo dan bangunan lainnya.

Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai memiliki wajah baru dengan desain bangunan yang modern namun tetap ada sentuhan tradisional khas bali.

Bangunan dan desain interior bandara terinspirasi dari bangunan asal Bali bernama Wantilan. Artinya, bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.