Sukses

BSU Tahap 4 Cair Hari Ini, Berikut Cara Mengeceknya

Liputan6.com, Bandung - Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji saat ini telah cair dan masuk dalam tahap ke-4. Dikabarkan juga oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan bahwa minggu ini, BSU sudah bisa dilakukan pencairan.

BSU sebesar Rp600 ribu ini telah diberikan oleh pemerintah. Adapun penerima bantuan ini adalah para pekerja hingga buruh yang telah ditetapkan sebagai calon penerima dari bantuan tersebut.

Untuk Anda yang termasuk dalam penerima bantuan atau Anda ingin mengecek apakah Anda termasuk ke dalam penerima bantuan, berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa BSU Tahap 4.

Bisa diperiksa dari rekening bank ataupun melalui situs resmi seperti berikut:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cek di Situs Kementerian Ketenagakerjaan

Cara pertama untuk mengecek status pencairan dana BSU tersebut, Anda dapat mengunjungi situs resmi dari Kemnaker yaitu kemnaker.go.id.

Kemudian perlu diperhatikan untuk mengaksesnya anda harus mempunyai akun yang telah didaftarkan yaitu menggunakan NIK, nama lengkap, alamat email, nomor telepon yang aktif hingga nama ibu kandung. Jelasnya seperti berikut:

1. Pertama-tama kunjungi situs kemnaker.go.id.

2. Setelah itu lakukan login menggunakan akun yang telah didaftarkan, adapun data harus lengkap.

3. Jika akun sudah terdaftar anda tinggal mengakses cek notifikasi atau pemberitahuan di sana, adapun jika BSU telah disalurkan akan ada informasi berupa notifikasi bahwa dana anda telah cair ke bank yang Anda gunakan.

3 dari 3 halaman

Cek di Situs BPJS Ketenagakerjaan

Anda juga dapat memeriksa status penerimaan BSU melalui situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Melalui situs tersebut anda dapat memeriksa dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

1. Pertama anda akses situsnya yaitu bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

2. Setelah itu, isi data diri dengan benar dan lengkap dan email serta nomor telepon juga harus terisi dengan benar, adapun data yang diisi yaitu NIK, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nama dari Ibu kandung, Nomor Telepon, serta Email.

3. Setelah itu klik lanjutkan.

4. Adapun nantinya akan muncul notifikasi pada layar bilamana Anda menjadi penerima BSU atau tidak dan jika termasuk menjadi penerima akan muncul keterangan bahwa penyaluran BSU diproses ke nomor rekening yang terdaftar.

 

Penulis: Natasa Kumalasah Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.