Sukses

Menanti Keseruan Festival Tuna di Manado, Ketika 2.500 Orang Makan Sashimi Massal

Liputan6.com, Manado - Guna mengembangkan sektor pariwisata sekaligus menggali potensi perikanan di Sulut, bakal digelar Festival Tuna dan pemecahan rekor makan sashimi massal di Manado.

"Event Festival Tuna ini akan digelar pada 12–25 September 2022 di Kawasan Megamas Manado," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulut Tienneke Adam, Kamis (8/9/2022).

Ada beragam acara dalam Festival Tuna tersebut, termasuk pemecahan rekor makan sashimi massal yang digelar di Kawasan Megamas Manado.

"Untuk pemecahan rekor makan sashimi massal, akan melibatkan 2.500 warga dengan total berat ikan tuna 500 kilogram. Ini digelar pada Sabtu 17 September 2022," ujarnya.

Adam berharap Festival Tuna ikut memulihkan lebih cepat dan menggelorakan kembali perekonomian di Sulut yang selama ini terpukul akibat pandemi Covid-19.

"Selain itu, lewat kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan investasi, serta memberikan dampak positif dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Sulut," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Utara Erwin Situmorang mengatakan, kegiatan ini sengaja dibuat untuk menampilkan produk atau komoditas andalan Sulut yakni ikan tuna.

"Kota Manado merupakan daerah yang kompetitif dalam pengolahan ikan apalagi tuna sehingga pemecahan rekor ini harus kita dukung," ujarnya.

Event Festival Tuna ini juga mendapat dukungan dan apresiasi dari Wali Kota Manado Andrei Angouw.

Menurutnya, kegiatan itu salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulut lebih khususnya di Kota Manado.

"Ini sangat mendukung ekonomi warga Manado, oleh karena itu Pemerintah Kota Manado sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini," ujar Angouw.

Selain dukungan dari Pemprov Sulut, Pemkot Manado, dan Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara, kegiatan itu juga didukung oleh Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Manado.

Untuk menjadi peserta makan sashimi massal, warga bisa mendaftar dengan membuka website www.festivaltunasulut.com.

Setelah terdaftar, nantinya akan keluar barcode yang dikirim lewat email peserta. Barcode ini ditunjukkan kepada panitia untuk mendapatkan sashimi di Lapangan Basket Kawasan Megamas Manado.

 

Simak juga video pilihan berikut: 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS