Sukses

10 Kanal Youtube yang Bisa Menambah Keterampilan Kamu, Sudah Subscribe?

Berikut 10 kanal Youtube yang bisa mengajarkan skill baru buat meningkatkan kapasitas kamu.

Liputan6.com, Bandung - Media sosial Youtube sudah lazim ditonton maayarakat untuk menikmati hiburan seperti video musik terbaru atau cerita-cerita seram dari para vlogger. Akan tetapi, Youtube juga punya banyak channel atau kanal yang mengedukasi banget.

Berikut 10 kanal Youtube yang bisa mengajarkan skill baru buat meningkatkan kapasitas kamu. Tidak ada salahnya kamu menyeimbangkan tontonanmu untuk hiburan dengan video berisi ilmu serta pengetahuan, sehingga dapat menambah wawasan.

CrashCourse

Saluran ini membuat video pendidikan berkualitas tinggi seperti kursus singkat tentang berbagai mata pelajaran, termasuk kimia organik, sastra, sejarah dunia, biologi, filsafat, teater, dan ekologi. 

CrashCourse dirintis oleh Hank Green dan John Green yang sama-sama dikenal dengan sebutan VlogBrothers. Saluran ini meluncurkan cuplikan pertamanya pada 2 Desember 2011.

Practical Engineering

Dibuat oleh insinyur sipil, Grady Hillhouse, saluran ini berisi tentang infrastruktur dan dunia buatan manusia di sekitar kita. Grady adalah YouTuber Amerika dan insinyur sipil yang terkenal karena video tekniknya, saat ini ia tinggal di San Antonio, Texas.

Grady Hillhouse belajar Insinyur Sipil dalam Rekayasa Sumber Daya Air di Texas A&M University dari 2009 hingga 2012 dan merupakan Insinyur Profesional berlisensi oleh Dewan Insinyur Profesional Texas pada Desember 2016.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikutnya

Y Combinator

Kanal selanjutnya yang bisa jadi referensi menambah skill kamu adalah Y Combinator. Y Combinator dimulai pada 2005 oleh Paul Graham, Jessica Livingston, Trevor Blackwell dan Robert Morris.

Talks at Google 

Talks at Google adalah seri pembicaraan internal global yang diselenggarakan oleh Google. Pembicaraan paling sering diselenggarakan untuk karyawan Google sebelum dirilis secara publik di saluran YouTube mereka.

Program ini mengundang penulis, ilmuwan, aktor, seniman, pembuat film, dan musisi untuk mendiskusikan karya mereka. Sebagian besar pembicaraan diunggah ke saluran Youtube. Konten juga dapat diakses dalam bentuk audio saja menggunakan umpan podcast mereka.

Skillshare

Skillshare adalah komunitas pembelajaran online yang berbasis di Amerika Serikat untuk orang-orang yang ingin belajar dari video pendidikan. Kursus yang tidak terakreditasi, tersedia melalui berlangganan.

Mayoritas kursus fokus pada interaksi daripada kuliah, dengan tujuan utama belajar dengan menyelesaikan sebuah proyek. Kategori utama meliputi seni kreatif, desain, kewirausahaan, gaya hidup dan teknologi.

Stanford Graduate School of Business

Stanford Graduate School of Business adalah sekolah bisnis pascasarjana Universitas Stanford. Terletak di Stanford, California, selama beberapa tahun telah menjadi sekolah bisnis paling selektif di Amerika Serikat, hanya menerima sekitar 6% dari pelamar.

Stanford GSB menawarkan gelar Master of Business Administration (MBA) manajemen umum, Program MSx (MS dalam Manajemen untuk eksekutif pertengahan karir) dan program PhD, bersama dengan gelar bersama dengan sekolah lain di Stanford termasuk Ilmu Bumi, Pendidikan, Teknik, Hukum dan Kedokteran. GSB juga menawarkan Program Bisnis LEAD Stanford, program sertifikat profesional online.

Di kanal Youtube-nya, Stanford Graduate School of Business sudah memiliki 1,39 juta pengikut!

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Vsauce

Vsauce adalah kanal Youtube yang dibuat oleh pendidik Michael Stevens. Saluran ini menampilkan video tentang topik ilmiah, psikologis, matematika, dan filosofis, serta game, teknologi, budaya populer, dan subjek minat umum lainnya.

Pada 17 April 2010, Michael Stevens meluncurkan saluran Vsauce. Nama "Vsauce" dibuat menggunakan bagian generator situs web palsu dari sebuah situs bernama Fake Name Generator.

Numberphille

Numberphile adalah kanal Youtube edukasi yang menampilkan video-video yang mengupas topik dari berbagai bidang matematika. Pada hari-hari awal saluran, setiap video berfokus pada nomor tertentu.

Tetapi saluran tersebut telah memperluas cakupannya, menampilkan video tentang konsep matematika yang lebih maju seperti Teorema Terakhir Fermat, hipotesis Riemann, dan teorema pohon Kruskal.

Video-video tersebut diproduksi oleh Brady Haran, mantan jurnalis video BBC dan pencipta Periodic Videos, Sixty Symbols, dan beberapa saluran Youtube lainnya. Video di saluran tersebut menampilkan beberapa profesor universitas, komunikator matematika, dan matematikawan terkenal.

Big Think

Rekomendasi selanjutnya adalah Big Think. Ini merupakan portal web multimedia yang didirikan pada tahun 2007 oleh Victoria Brown dan Peter Hopkins.

Situs ini merupakan kumpulan wawancara, presentasi, dan diskusi meja bundar dengan para ahli dari berbagai bidang. Victoria Brown adalah penjabat CEO dan Peter Hopkins adalah penjabat presiden perusahaan.

Mark Rober

Mark B Rober adalah seorang Youtuber, insinyur, dan penemu Amerika. Dia dikenal karena video YouTube-nya tentang sains populer dan gadget do-it-yourself.

Sebelum YouTube, Rober adalah seorang insinyur dengan NASA selama sembilan tahun, di mana ia menghabiskan tujuh tahun bekerja di penjelajah Curiosity di Laboratorium Propulsi Jet NASA. Dia kemudian bekerja selama empat tahun di Apple Inc. sebagai perancang produk di Grup Proyek Khusus mereka, di mana dia menulis paten yang melibatkan realitas virtual dalam mobil yang dapat mengemudi sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.