Sukses

Daftar 5 Drama Korea yang Mengangkat Isu 'Bullying' di Sekolah

Salah satu isu yang seringkali dijadikan tema dalam drama Korea adalah isu 'bullying'.

Liputan6.com, Bandung - Korea Selatan merupakan salah satu negara yang popular akan serial drama yang mereka buat. Ada berbagai macam tema drama yang mengangkat cerita-cerita menarik yang bisa kita nikmati, salah satu isu yang seringkali dijadikan tema drama adalah bullying.

Drama tersebut juga seringkali mengangkat kisah yang sebenarnya terjadi terutama di antara para pelajar sekolah di Korea Selatan.

Berikut adalah lima rekomendasi drama Korea yang mengangkat isu bullying atau perundungan di sekolah.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

School 2015: Who Are You (2015)

School 2015: Who Are You merupakan drama Korea yang ditayangkan stasiun televisi KBS2. Serial School 2015 ini merupakan sekuel dari seri KBS "School" yang disiarkan dari 1999. Setiap sekuel yang ditayangkan memiliki cerita sekolah yang berbeda-beda.

Drama School 2015 ini mengangkat kisah sepasang anak kembar Go Eun Byul dan Lee Eun Bi (Kim So Hyun) yang terpisah sejak kecil karena tinggal di panti asuhan yang berbeda. Eun Byul tinggal dengan Song Mi Gyeong (Jeon Mi Sun) yang mengadopsinya dan membawanya ke Seoul dan tinggal di sekolah yang elite di sana.

Berbeda dengan Eun Bi yang tinggal di lingkungan yang miskin, bahkan Eun Bi mengalami perundungan di sekolahnya tersebut. Banyak cerita-cerita rumit yang terjadi di dalamnya.

3 dari 6 halaman

Class of Lies (2019)

Class of Lies merupakan drama Korea yang ditayangkan oleh stasiun televisi OCN. Film ini diperankan oleh Yoon Kyun Sang, Geum Sae Rok, dan Choi Yu Hwa.

Drama Class of Lies menceritakan tentang Gi Moo Hyeok (Yoon Kyun Sang) yang merupakan seorang pengacara sukses yang pikirannya hanya mengenai uang. Namun, reputasi dirinya rusak karena kasus pembunuhan di sebuah sekolah.

Ia pun menyamar menjadi guru honorer di sekolah tersebut untuk bisa mengungkap dan menyelesaikan kasus pembunuhan tersebut.

4 dari 6 halaman

Angry Mom (2015)

Angry Mom merupakan drama Korea yang menceritakan kisah seorang Ibu berusia 34 tahun yaitu Jo Kang Ja (Kim Hee Sun). Ia menyamar menjadi salah satu murid di sekolah anaknya.

Jo Jang Ka menyamar karena mengetahui anaknya Oh Ah Ran (Kim Yoo Jung) sering dirundung di sekolah tersebut dan ia ingin melindungi anaknya tersebut.

5 dari 6 halaman

Solomon’s Perjury (2016)

Solomon’s Perjury merupakan drama Korea yang ditayangkan oleh JTBC. Drama ini diangkat dari novel asal Jepang, Miyuki Miyabe dengan judul yang sama.

Drama ini menceritakan Lee So Woo (Seo Young Joo) yang ditemukan tewas di halaman sekolah. Sekolah tersebut bersepakat dengan kepolisian bahwa kematiannya dikarenakan kasus bunuh diri.

Namun, beberapa waktu kemudian terdapat surat yang berisi bahwa seorang saksi mengatakan bahwa So Woo tidak bunuh diri. Surat tersebut dikirimkan kepada Ko Seo Yeon (Kim Hyun Soo) yang merupakan ketua kelas sekaligus putri dari seorang detektif senior.

6 dari 6 halaman

True Beauty (2020)

True Beauty merupakan salah satu K-Drama yang hits pada 2020 dan disiarkan oleh channel TvN. Drama ini diangkat dari webtoon dengan judul yang sama milik Yaongyi.

True Beauty menceritakan kisah Im Ju Gyeong (Moon Ga Young) yang merupakan seorang siswi SMA yang menjadi gadis cantik dan terkenal di sekolah. Ia mahir memakai make up dan belajar dari YouTube.

Im Ju juga merasa lebih baik mati daripada harus memperlihatkan wajahnya tanpa make up. Kemudian terdapat Lee Su Ho diperankan oleh (Cha Eun Woo) yang merupakan siswa menarik dan tampan.

Dia terlihat cuek karena masa lalu dirinya yang kelam, tetapi sebenarnya ia adalah orang yang perhatian. Cerita True Beauty cukup ringan untuk disaksikan, meski memperlihatkan bagaimana adanya bullying di sekolah terutama mengenai fisik seseorang.

 

 

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.