Sukses

Menanti Kehadiran Kereta Api Logistik Penggerak UMKM di Garut

Potensi pengiriman barang atau logistik terutama sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Garut terbilang besar, tetapi akses pengiriman barang melalui jalur kereta, baru bisa dilakukan di Stasiun Leles.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat berharap PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung menambah jadwal pengiriman barang via gerbong kereta api logistik bagi warga Garut.

"Jadi tujuan perkumpulan kita di sini adalah pertama untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Garut tanpa kecuali untuk bisa mengangkut barang-barang melalui PT. Kereta Api," ujar Kepala Disperindag ESDM Garut, Nia Gania Karyana, pada acara Lunch Meeting bersama jajaran Freight Marketing, Sales, and Customer Care PT KAI, Rabu (25/5/2022).

Menurutnya, potensi pengiriman barang atau logistik terutama sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Garut terbilang besar. Saat ini, pos pengiriman barang melalui jalur kereta, hanya bisa dilakukan di Stasiun Leles yang diangkut melalui gerbong PT Lintas Nusantara serta Kereta Api Logistic.

"Nah harapan kita, baiknya PT Lintas ataupun kereta api KALOG, bisa buka di tiap stasiun,” ujar dia.

Untuk mendukung rencana itu, ujar Nia, pihaknya siap memberikan kemudahan kepada warga, untuk memanfaatkan pengiriman barang via kereta gerbong logistik itu.

"Silakan masyarakat Kabupaten Garut memanfaatkan (pengiriman) melalui kereta api melalui PT Lintas Nusantara dengan KALOG Express," tegasnya.

VP Freight Marketing, Sales, and Customer Care PT. KAI, Riyanta, mengatakan besarnya potensi angkutan barang dari Garut, merupakan peluang bagus untuk meningkatkan jumlah angkutan barang melalui jalur kereta.

"Semoga peluang ini bisa ditangkap pelaku industri di Garut bahwa KAI bekerja sama dengan mitra siap mengangkut semua komoditi yang ada di Garut," ujar dia.

Dengan meningkatnya pengiriman logistik via kereta, diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama kalangan UMKM di Garut. "Dan tentunya itu juga akan menjadikan nilai tambah buat kami di kereta," kata dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.