Sukses

Kisah Tukang Dekor Pernikahan Ketua MK-Adik Jokowi Jadi Langganan Keluarga Presiden

Liputan6.com, Solo - Idayati, adik Presiden Jokowi memilih menggunakan jasa dekorasi lokal asal Solo, yakni Asmoro Decoration, untuk pernikahannya dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Asmoro Decoration ini sejatinya merupakan jasa dekor pernikahan yang sudah jadi langganan keluarga besar Presiden Jokowi.  

Ranu Asmoro menceritakan jasa dekorasi pernikahan miliknya telah lama menjadi langganan keluarga besar Presiden Jokowi saat ada anggota keluarganya yang sedang mantu. Asmoro Decoration sendiri merupakan jasa dekorasi pernikahan dengan spesialis Jawa klasik untuk kelas premium.

"Dekorasi kami merupakan solusi bagi berbagai permasalahan artistik yang sanggup mengharmonikasn kekayaan budaya yang adiluhung dari berbagai daerah menjadi satu kekayaan budaya Nusantara yang penuh filosofis. Konsep pernikahan Jawa klasik yang sarat nilai budaya adiluhung sebagai sebuah ibadah batin manusia,” jelas dia, Sabtu (21/5/2022).

Ia pun bercerita awal mula jasa dekorasi pernikahan yang dirintis sejak 2010 ini bisa menjadi langganan keluarga besar  Presiden Jokowi. Awal mulanya dia merupakan vendor dari jasa dekorasi pernikahan yang tergabung dalam katering Chilli Pari milik Gibran Rakabuming Raka. 

"Pada 2015, saya dipasrahi untuk garap dekor pernikahan Mas Gibran dan Mbak Selvi. Ananda Mas Gibran sendiri yang milik saya untuk ngerjain dekorasi. Saya sampai nggak berani dulu, benar. Ya karena takut aja tapi terus disupport Mas Gibran,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Dukungan Gibran

Ia sendiri saat itu merasa rendah diri, mengingat bisnis jasa dekor pernikahannya itu masih taraf kecil terlebih dengan pengalamannnya yang masih sedikit dalam bidang jasa dekorasi pernikahan

“Ya pengalaman, dari finansial waktu itu saya nggak ada modal kan itu tahun 2015 masih kecil (jasa dekorasinya) dan belum punya nama. Tetapi Mas Gibran Rakabuming Raka menyakinkan saya untuk tetap menggarap dekorasinya,” jelasnya. 

Sukses menggarap dekor pernikahan Gibran dan Selvi, dia pun banjir pesanan. Dulu yang biasanya mencari klien, kini orderan justru datang sendiri.  mulai dari pengusaha, pejabat hingga masyarakat umum.

“Bisa dibilang penglarisannya itu Mas Gibran. Nggak nyari pun (klien) datang sendiri karena mungkin pernah menggarap anak Presiden bisa menjadi tolak ukur ya,” ujarnya sambil bersyukur.

 

3 dari 3 halaman

Pernikahan Kahiyang

Tak hanya itu, ketika ada anggota keluarga Presiden Jokowi punya gawe, Asmoro Decoration kerap dipercaya menggara dekorasi pernikahan. Setelah Gibran, pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga dipasrahkan kepada Asmoro Decoration. 

 “Mas Gibran dulu 2015, terus Mbak Kahiyan 2017. Kalau Mbak Tia putrinya Bu Ida (adik Jokowi) itu tahun 2016. Terus keponakan-keponakannya Pak Jokowi juga sering, terus terakhir itu putrinya Pak Miyono (Pakdhe Jokowi) juga pakai saya,” terangnya.