Sukses

Berkah Lebaran, Pengunjung Wisata Garut Capai 1 Juta Orang

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat menyatakan jumlah pengunjung lebaran Idul Fitri 1443 H tahun ini di kota Intan Garut, mencapai 1 juta orang.

“Ini tentu jumlah yang sangat fantastis, melebihi daripada pengunjung-pengunjung sebelum adanya Covid,” ujar Wabup Garut Helmi Budiman, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, lonjakan pengunjung yang datang pada lebaran Idul Fitri 1443 H kali ini di luar perkiraan, sehingga membutuhkan persiapan secara optimal pengelola kawasan wisata di Garut.

“Kami berikan arahan kepada para pengusaha-pengusaha wisata untuk mengelola lebih siap lagi, di sisa-sisa akhir lebaran ini,” kata dia.

Helmi menyatakan, kawasan wisata di Garut yang cukup beragam mulai gunung, pantai, danau hingga wisata belanja dan kuliner, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

“Garut ini sangat indah nyaman, baik untuk wisata melepas kepenatan bahkan untuk healing ini Garut ini karunia yang luar biasa,” ujar dia bangga.

Melihat tingginya angka kunjungan yang datang, Helmi berharap menjadi catatan penting Pemda Garut dalam pengembangan kawasan wisata yang menarik bagi wisatawan.

“Makanya kita pacu akses jalan ke Garut mudah-mudahan saya mohon doa tol segera dibangun,” kata dia.

Terakhir, Helmi mengingatkan lonjakan pengunjung yang datang, harus dibarengi kesadaran mereka termasuk seluruh pengelola kawasan wisata, untuk memperhatikan masalah sampah.

“Kami sudah menyediakan tempatnya, baik di fasilitas pemerintah maupun yang dikelola oleh swasta, tinggal kita membuangnya kesana,” ujar dia mengingatkan.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini