Sukses

Calon Penumpang Kereta Kini Bisa Rapid Test Antigen di Stasiun Cilacap

Liputan6.com, Purwokerto - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menambah layanan rapid test antigen di Stasiun Cilacap, Jawa Tengah. Dengan begitu , calon penumpang kereta api jarak jauh semakin dimudahkan.

Manajer Humas PT KAI Daop 5, AyepHanafi mengatakan sebelumnya layanan RT Antigen hanya dilayani di enam stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto, yaitu di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo dan Sidareja. Namun mulai Sabtu (4/12) calon penumpang bisa mendapatkan layanan RT Antigen di Stasiun Cilacap.

“Penambahan stasiun layanan Rapit Test Antigen ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Layanan RT Antigen di Stasiun Cilacap berlokasi di sebelah kanan lobby Stasiun Cilacap dengan jam pelayanan dari pukul 08.00 s.d 16.00 WIB,” kata Ayep, di Purwokerto, Sabtu (4/12/2021).

Dia menjelaskan, sesuai SE Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021 bahwa penumpang KA jarak jauh diwajibkan membawa surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang berlaku maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan. Untuk itu pelanggan KA jarak jauh dapat memanfaatkan layanan Rapid Test Antigen seharga Rp45 ribu.

Sementara, lokasi layanan RT Antigen di Stasiun Purwokerto pindah dari pintu masuk timur Stasiun Purwokerto ke pintu keluar barat Stasiun Purwokerto. Sedangkan jam layanan RT Antigen di Stasiun Purwokerto dari pukul 07.00 sampai dengan 19.00 WIB.

“Jangan salah pintu masuk untuk melakukan RT Antigen ini,” ucap dia.

Dia juga menjelaskan, untuk menjangkau lokasi tes rapid antigen di Stasiun Purwokerto, calon penumpang kereta yang telah memiliki tiket kereta dapat melalui jalan menuju pintu keluar barat stasiun di sebelah timur Pasar Pon.

“Dari Underpass Jenderal Soedirman Purwokerto menuju arah Cilongok, tepat di perempatan jalan underpass tersebut, calon penumpang kereta api dapat mengambil jalur kanan setelah tanjakan underpass tersebut,” jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Prokes Perjalanan Kereta Api

Jalan Saga Baru merupakan nama jalan untuk masuk ke lokasi tes rapid antigen di Stasiun Purwokerto. Di jalan tersebut, terdapat plang Stasiun Purwokerto yang merupakan Pintu Keluar Barat Stasiun Purwokerto.

Sementara, Daniel Johannes Hutabarat, VP Daop 5 Purwokerto mengimbau agar calon penumpang mempersiapkan waktu sebaik mungkin jika melakukan pemeriksaan antigen di stasiun. Diasarankan mereka melakukan pemeriksaan pada H-1 keberangkatan untuk menghindari antrean.

“Jangan mendekati waktu keberangkatan KA agar tidak terburu-buru bahkan malah tertinggal KA,” jelas Daniel, dalam keterangan tertulisnya.

Daniel menegaskan, KAI selalu memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan hanya mengizinkan pelanggan yang sesuai persyaratan untuk naik kereta api.

"KAI selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api," ucap Daniel.

Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik KA di masa pandemi Covid-19, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.