Sukses

Kecelakaan Maut di Sumedang Truk Tabrak Rombongan Pengantin, 4 Orang Tewas

Tabrakan beruntun terjadi di tanjakan Sanur, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (7/11/2021).

Liputan6.com, Bandung - Tabrakan beruntun terjadi di tanjakan Sanur, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (7/11/2021). Sebuah truk tronton bermuatan batu bara menabrak tiga kendaraan roda empat dan empat sepeda motor. Akibat kecelakaan maut itu, empat orang tewas.

Kepala Seksi Humas Polres Sumedang Ajun Komisaris Dedi Juhana mengatakan, tabrakan beruntun melibatkan truk dan sejumlah kendaraan tersebut terjadi tepatnya di Jalan Raya Ir Soekarno, Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor. Insiden kecelakaan terjadi sekitar pukul 07.30 pagi.

“Diduga sebuah dump truck nomor polisi D 9597 AE yang mengangkut batu bara mengalami rem blong tepat di tanjakan Sanur atau datang dari arah Sumedang menuju Bandung. Truk tersebut tiba-tiba menyeruduk kendaraan Pajero Sport warna hitam, Toyota Rush warna silver serta Daihatsu Sigra warna hitam,” kata Dedi.

Selain menabrak mobil, truk juga turut menyeruduk empat kendaraan roda dua sampai berhenti setelah menabrak pohon besar di pinggir jalan.

"Sebanyak empat korban meninggal dalam kecelakaan beruntun ini. Terdiri dari tiga wanita dan seorang laki-laki," ujar Dedi.

Identitas korban meninggal yakni, Riyan Sandi Permana (16), warga Margamekar. Kemudian, Rina Anggraeni (17) warga Desa Kutamandiri, Iyah Sariah (50) warga Dusun Cikandang, dan Listiani Hapita Dewi (31) warga Dusun Cikandang.

Dedi menuturkan, keempat korban tewas merupakan rombongan pengantin di Desa Cintamulya Kecamatan Jatinangor. Rombongan korban baru berangkat beberapa meter dari rumahnya di Dusun Margamekar RT 02 RW 12 Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor.

Tak hanya korban meninggal, insiden kecelakaan ini mengakibatkan tiga orang mengalami luka-luka. Mereka adalah Muhamad Ridwan (29) warga Dusun Margamekar, Titin Supriatin (20) warga Dusun Margamekar dan satu orang yang identitasnya belum diketahui.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sopir Truk Lalai

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumedang Ajun Komisaris Kiki Hartaki mengungkapkan adanya unsur kelalaian yang memicu tabrakan beruntun ini.

"Kecelakaan lalu lintas terjadi diduga diakibatkan karena kelalaian dari pengemudi kendaraan truk tronton," kata Kiki.

Kiki menjelaskan, truk yang dikemudikan Sangid (42), warga Kabupaten Majalengka diduga kurang menjaga jarak aman saat berada di lokasi kejadian. Di mana saat kejadian truk sedang melintasi sebuah turunan yang disertai tikungan.

"Truk tronton itu melaju dari arah Cirebon menuju Bandung. Kecelakaan terjadi saat truk tronton yang membawa muatan batu bara ketika melewati keadaan jalan menikung ke kiri dan menurun kurang menjaga jarak aman," tuturnya.

Saat truk melintasi kondisi jalan menurun dan membentuk leter S, kendaraan besar tersebut secara beruntun menabrak tiga kendaraan roda empat yang ada di depannya. Kemudian menyeruduk empat sepeda motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.