Sukses

Dihadapan Peserta ASUF, Danny Bagi Pengalaman Smart City Digital Payment

Danny Pomanto didaulat sebagai pembicara pada Asean Sustainable Urbanitation Forum (ASUF) yang digelar secara virtual.

Liputan6.com, Makassar - Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto didaulat sebagai pembicara pada Asean Sustainable Urbanitation Forum (ASUF) yang digelar secara virtual, di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah. Rabu (6/10/2021).

Dalam forum ini Danny diminta memaparkan mengenai pertumbuhan yang inklusif dan setara serta solusi pembayaran digital untuk meningkatkan financial inclusion di negara negara Asean.

“Dalam forum ini kita diminta menjadi kota yang bisa menshare pengalamannya, soal Smart City, terkhusus persiapan menghadapi digital Payment,” kata Danny.     

Menurut Danny, saat ini kota Makassar telah melaksanakan Makassar Smart Card yakni cashless payment, yaitu bagian kecil dari digital payment.

“Artinya pembayaran tidak pakai uang, tapi kalau digital payment, full semua kegiatan tidak ada kelihatan uangnya, tapi transaksinya secara digital,”  ujarnya. 

Lebih jauh Danny menjelaskan, bahwa saat ini Pemerintah Kota Makassar tengah menyusun digital payment lewat QR Code, sebagai platform pribadi yang kemudian secara bertingkat, dijadikan platform untuk satu kota. 

” Intinya adalah QR Code, di mulai membuat QR Code untuk solusi saat penanganan pandemi Covid 19 seperti kemarin, baru setelah itu secara 10 tahap langkah untuk memfungsikan QR Code sebagai digital Payment, misalnya penyerahan bansos, asuransi, BPJS, pajak parkir, komersial serta sektor riil ekonomi  perbelanjaan. Setelah itu QR Code semua data masyarakat akan dijalankan dengan digital payment,” pungkasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini