Sukses

Herd Immunity Ditargetkan Desember, Jabar Sasar 400 Ribu Warga per Hari

Gubernur Jabar mengatakan, untuk merealisasikan target pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok pada Desember 2021.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, untuk merealisasikan target pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok pada Desember 2021, pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah penyuntikan vaksin Covid-19 hingga 400 ribu orang per hari.

Saat ini, penyuntikan vaksin Covid-19 di Jabar sudah mencapai hampir 150.000 dosis.

"Tiga bulan lalu per hari hanya 50 ribu, hari ini sudah naik tiga kali lipat hampir 150 ribu. Tapi, karena penduduknya paling banyak kita harus mengejar 400 ribu per hari,” kata pria yang akrab disapa Emil itu saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di GOR Saparua, Kota Bandung, Jumat (13/8/2021). 

Menurut Emil, target sasaran tersebut sudah disampaikan ke pemerintah pusat. Sehingga pihaknya berharap mendapatkan suplai vaksin yang dibutuhkan.

"400 ribu per hari sudah kami sampaikan ke pemerintah pusat itu syarat kami bisa selesai di bulan Desember. Oleh karena itu kami memohon suplai vaksin Jawa Barat harus sejumlah proporsional dengan jumlah penduduk,” ujarnya. 

Mantan Wali Kota Bandung ini juga menginstruksikan Ketua Divisi Percepatan Vaksinasi Satgas Penanganan Covid-19 Jabar Dedi Supandi untuk memantau pelaksanaan vaksinasi di 27 kabupaten/kota agar bisa sejalan dan merata capaiannya.

“Kita akan motivasi daerah-daerah yang masih rendah pelaksanaan vaksinasinya dan mengejar target 400 ribu per hari itu merata,” ucapnya. 

Emil mengatakan, untuk merealisasikan target pembentukan herd immunity pada akhir 2021, Pemprov Jabar akan memaksimalkan puskesmas dan fasyankes.

Selain itu, kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi faktor penting untuk menggelar sentra-sentra vaksinasi maupun vaksinasi massal. Dua kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecepatan penyuntikan vaksin Covid-19 di Jabar. 

“Cara pertama memaksimalkan infrastruktur pemerintah puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Yang kedua mengajak pihak ketiga menyelenggarakan sentra-sentra vaksinasi. Strategi kedua inilah yang diperlihatkan melalui kolaborasi banyak pihak di GOR Saparua ini,” tuturnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.