Sukses

Siapkah Kota Palembang Terapkan PPKM Darurat?

Mendagri Tito Karnavian merekomendasikan PPKM Darurat ke beberapa daerah di Sumsel, salah satunya Kota Palembang.

Liputan6.com, Palembang - Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), masih belum bisa melepaskan status zona merah Covid-19. Status tersebut dikarenakan, terus melonjaknya kasus Covid-19 di 17 kecamatan di Palembang.

Berdasarkan data peta penyebaran Covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Palembang sebanyak 19.003 orang, pada hari Jumat (16/7/2021).

Dengan jumlah 728 orang pasien meninggal dunia dan 15.349 orang sembuh dari paparan Covid-19.

Ternyata Kota Palembang, masuk dalam daftar daerah yang direkomendasikan digelarnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dalam rapat evaluasi secara virtual, Sabtu(17/7/2021).

Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mengatakan, sejak diberlakukan pengetatan PPKM beskala mikro yang dimulai pada Rabu (14/7/2021) lalu, penyebaran Covid-19 dapat ditekan cukup efektif.

Hal ini terlihat dari berkurangnya keterisian ruang perawatan rumah sakit, dari 95 persen menjadi 85 persen. Serta kerumunan di ruang publik dari mobilitas masyarakat, yang juga dapat diurai.

“Indikator tersebut dapat membuktikan, selama pengetatan PPKM skala mikro, persebaran Covid-19 dapat teratasi,” ujarnya.

Namun Wako Palembang menyadari, penurunan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam perawatan atau tidak dalam perawatan, baru akan terlihat secara pasti beberapa pekan ke depan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan

Sehingga apapun keputusan dari pemerintah pusat akan kondisi persebaran Covid-19 di Palembang, akan dilakukan sebagaimana mestinya.

“Tentu yang ditekankan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes), jangan acuhkan ini demi keselamatan kita semua,” ungkapnya.

Selain Kota Palembang, daerah di Provinsi Sumsel yang direkomendasikan PPKM Darurat, yaitu Kota Prabumulih, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

3 dari 3 halaman

Data Covid-19 Sumsel

Kota Prabumulih tercatat kasus konfirmasi positif ada 1.378 orang, meninggal 84 orang, sembuh 1.149 orang.

Lalu, Kabupaten PALI Sumsel tercatat, sebanyak 562 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Yang mana, sebanyak 43 orang meninggal dunia dan 509 orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh.

Sedangkan di Kabupaten Muba, tercatat ada 2.064 orang terkonfirmasi positif Covid-19, 93 orang meninggal dunia dan pasien yang sembuh sebanyak 1.716 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.