Sukses

Sumsel Jajaki Kerja Sama Bidang Iptek dengan Rumania

Sumsel akan menjajaki kerja sama bidang Iptek dengan Rumania, untuk meningkatkan Sumber Daya Alam (SDA) di Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Beragam potensi di Sumatera Selatan (Sumsel) yang bisa dimanfaatkan, dilirik oleh sejumlah negara di dunia, salah satunya Rumania.

Negara bagian Uni Eropa tersebut mengirimkan delegasinya dalam rangka kerja sama dan misi investasi dari pengusaha Rumania ke Sumsel.

Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut langsung kedatangan delegasi Rumania, di Griya Agung, Palembang, Sabtu (29/5/2021).

Dalam pertemuan itu, Herman Deru menjelaskan beberapa poin yang dapat dilakukan kerja sama antara Sumsel dengan negara Rumania.

Kerja sama tersebut berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), sehingga dapat mendongkrak perkembangan Sumsel.

"Kita lebih tertarik untuk bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi. Sumsel ini butuh itu (ilmu pengetahuan), agar Sumber Daya Alam (SDA) di daerah ini dapat terkelola dengan baik," katanya, Minggu (30/5/2021).

Dia mengatakan, kerja sama yang dibutuhkan oleh Sumsel, seperti kerja sama di bidang sumber daya air. Baik air untuk pemanfaatan pertanian, maupun untuk konsumsi.

Mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumsel tersebut menuturkan, Sumsel harus memiliki sistem pengairan yang baik.

“Kita tahu jika air di Sumsel adalah air payau. Dengan adanya kerja sama ini, kita bisa bekerja sama dengan Rumania. Terutama terkait teknologi pengelolaan dan mengubah air payau itu, siap untuk digunakan baik untuk pertanian maupun konsumsi," ujarnya.

Lalu, kerja sama di bidang modifikasi cuaca juga dinilainya Gubernur Sumsel sangat penting. Terlebih, setiap tahunnya Sumsel sering dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Herman Deru menilai, Sumsel harus memiliki teknologi yang mumpuni, sehingga penanganan karhutla dapat lebih efisien. Dibutuhkan juga kerja sama soal pengelolaan sumur minyak tua, yang selama ini dikelola secara ilegal oleh masyarakat.

Karena selama ini, kata Herman Deru, pengelolaan sumur tua yang dilakukan masyarakat kerap kali menimbulkan bencana yang menyebabkan korban jiwa.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi Modifikasi Cuaca

"Memang dibutuhkan teknologi yang baik agar penanganan karhutla di Sumsel dapat lebih efisien,” katanya.

Diungkapkannya, dalam modifikasi cuaca, Rumania menggunakan teknologi roket yang memiliki tingkat akurasi sangat cepat, dibanding dengan menggunakan pesawat.

Selain itu, Gubernur Sumsel juga tertarik melakukan kerja sama pengelolaan sumur minyak tua, yang pengelolaannya nanti harus dapat bermanfaat bagi masyarakat.

3 dari 3 halaman

Sapi Rumania

“Kita juga ingin adanya kerja sama di bidang peternakan seperti pengembangbiakan sapi. Beberapa daerah di Sumsel, sangat cocok untuk mengembangbiakan sapi asal Rumania, karena memiliki hawa yang dingin,” katanya.

"Namun, akan kita tindaklanjuti dulu. Karena untuk implementasinya membutuhkan waktu. Yang jelas, saat ini kita telah sepakat untuk melakukan kerja sama," ucapnya.

Beberapa pekan ke depan, Herman Deru sendiri akan mengirimkan tim ke Rumania. Yang mana, tim tersebut akan melihat langsung teknologi yang sebelumnya telah dipaparkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.