Sukses

Baksos Ramadan, Menu Pamungkas Ala Dapur Lapangan TNI AD di Kendari

Kegiatan bakti sosial ramadan anggota Korem 143 Halu Oleo Kendari, menampilkan menu makanan yang sudah memiliki hitungan kebutuhan kalori yang berkurang saat puasa.

Liputan6.com, Kendari - Takjil ramadan Korem 143 Halu Oleo Kendari, ternyata merupakan logistik hasil olahan dapur lapangan personil TNI Angkatan Darat di Kota Kendari. Menunya, selain kue-kue, ada dua menu makanan Telur Balado dan Ayam Crispy yang diberikan pada panti asuhan dan sejumlah titik ramai lalu lintas di Kota Kendari.

Bukan sembarang menu, ternyata sebelum berbagi makanan, kandungan kalori sudah diperhitungkan masak-masak oleh anggota TNI. Setiap menunya, memiliki kandungan kalori yang dihitung sejak penyiapan hingga pengemasan.

Selain nasi putih dan sayur sup, menu utama makanan buka puasanya, ayam goreng crispy dan telur sambal balado. Juga, ada sambal, buah berupa pisang dan sebagai takjilnya es cendol dan cincau.

Plh Kapenrem 143 Halu Oleo Kendari Letda Inf Rusmin Ismail menjelaskan, jika diukur dalam kandungan gizinya, menu makanan ini mengandung sekitar sekitar 1.206, 3 kilokalori. Jumlah ini, cukup untuk asupan kalori tubuh yang hilang, setelah seharian puasa.

"Sesuai literasi yang ada, kata Rusmin, ini cukup karena agar fungsi tubuh dapat berfungsi normal dibutuhkan minimal sekitar 1.200 kilo kalori," kata Rusmin, Jumat (7/5/2021).

Menu makanan takjil, merupakan hasil olahan anggota Detasemen Perbekalan dan Angkutan (Denbekang) XIV/44 Kendari Korem 143 Halu Oleo. Keterlibatan mereka, merupakan salah satu kegiatan bakti sosial ramadan yang dilakukan jajaran Korem 143 Halu Oleo Kendari.

Diketahui, Danrem 143 Halu Oleo Kendari, Brigjen TNI Jannie A Siahaan dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 143, Ny Vera Jannie A Siahaan terlibat langsung dalam pembagian takjil. Keduanya, didampingi para pejabat utama Korem serta pengurus Persit Korem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peduli Masyarakat Kecil

Rusmin melanjutkan, kegiatan Ramadan Berkah 1422 Hijriah, merupakan agenda sosial seluruh jajaran TNI AD yang ada di wilayah Korem 143/HO. Harapannya, timbul rasa saling berempati dan peduli yang lebih besar pada masyarakat terdampak Covid-19.

"Korem 143/HO juga bekerjasama dengan BRI dalam membantu menyiapkan takjil dan makanan buka puasa," ujar Rusmin.

Keterlibatan BRI ini, merupakan hasil koordinasi Korem dengan perbankan. Ratusan takjil dan makanan buka puasa dibagikan oleh Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie A Siahaan dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 143, Vera Jannie A. Siahaan, bersama para pejabat utama Korem serta pengurus Persit.

"Setelah menyerahkan makanan bukan puasa di panti asuhan Annur Azwar, dibagi menjadi 5 sektor, yaitu poros jalan Abdulah Silondae, Jalan Benu-Benua s.d Saranani, Area Matahari Lama, MTQ Komplek serta seputaran Jalan Supu Yusuf dan Made Sabara,"kata Rusmin tentang lokasi pembagian takjil dan makanan buka puasa.

Rusmin tambahkan, kepedulian masyarakat, khususnya Kendari luar biasa, saat pembagian takjil banyak ditemukan masyarakat juga membagikan takjil dan buka puasa.

"Sehingga kami pun menyasar ke area yang belum tersentuh, termasuk juga mengingatkan masyarakat supaya patuh menjalankan protokol kesehatan,"tegasnya lagi.

Sementara itu, saat menerima bantuan takjil dan makanan bagi seluruh anak panti asuhannya, Hamsah (pengurus panti asuhan Annur Azwar) mengucapkan terima kasih kepada Danrem 143/HO dan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 143.

"Terima kasih kepada Komandan dan ibu dari Korem yang peduli kepada kami di sini,"ujarnya kepada Brigjen Jannie dan istri dihadapan anak-anak dan pengurus panti asuhan.

Menurut Hamsah makanan buka puasa yang diberikan sangat bermanfaat dan membantu pihak yayasan di tengah Pandemi COVID 19.

"Ini sangat membantu kami, khususnya saat Pandemi COVID 19, semoga takjil dan makanan yang kami terima berkah untuk kita semua," tambahnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Skill Denbekang

Saat ditemui di lokasi memasak bahan makanan, Dandenbekang Kendari Mayor Cba Hamonangan Simanjuntak mengatakan, pihaknya sudah biasa memasak dalam jumlah besar. Menurutnya, untuk pengolahan makanan di dapur lapangan sangat praktis dan kerap dibantu ibu-ibu Persit.

Menurutnya, tidak hanya jumlah kecil, namun Denbekang bisa menyiapkan makanan dalam jumlah besar jika diperlukan. Secara umum, Denbekang bisa menyiapkan makanan untuk 1 brigade oleh 1 peleton, namun kali ini yang kita siapkan hanya dengan kekuatan 1 regu," ujar Hamonangan.

Meski kegiatan amal, menurut Hamonangan, kegiatan sosial ditengah Ramadhan dan Pandemi COVID 19, diharapkan mampu memenuhi manfaat bagi yang mengonsumsinya.

"Selain Takjil, makanan buka puasa yang disiapkan dengan lauk Ayam goreng crispy, telur balado dan sup," pungkasnya.

saksikan juga video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.