Sukses

Kondisi Tol Cipali pada Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021

Liputan6.com, Cirebon - Arus lalu lintas di Tol Cipali Cirebon terpantau lengang pada hari pertama penerapan kebijakan larangan Mudik 2021 pada 6 - 17 Mei 2021.

Pantauan di Pintu Tol Keluar Palimanan Cirebon, hanya beberapa kendaraan yang melintas keluar. Petugas pun siaga berjaga memeriksa kendaraan dengan nomor polisi dari luar Cirebon.

GM Operasi Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan, lengangnya kondisi lalu lintas di Cipali karena ada penyekatan di Jakarta dan Cikampek. Kondisi lalu lintas, kata Suyitno, tidak seperti biasanya.

"Lalu lintas sudah betul-betul drop," ujar Suyitno, Kamis (6/5/2021).

Dia mengatakan, imbas larangan mudik banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik sebelum 6 Mei 2021. Dia menyebutkan, puncak perjalanan mudik awal pada hari Selasa, 4 Mei 2021.

Pada puncak arus mudik awal di Cipali, kendaraan yang melintas mencapai 70 ribu. Setelah itu, turun mencapai 54 ribu dan pada hari pertama pemberlakuan larangan mudik turun hingga 40 persen.

"Prediksinya hari ini kendaraan yang melintas di angka 30 ribuan saja dan itu sudah di bawah rata-rata karena hari biasa saja sekitar 48 ribu kendaraan melintas," ujar Suyitno.

Namun demikian, kata dia, pengelola Tol Cipali tetap komitmen memberikan layanan maksimal kepada pengguna jalan. Cipali mengoptimalkan bukaan 19 gardu keluar di Gerbang Tol Palimanan dan enam gardu masuk ke arah Jakarta.

Dia menyebutkan, Astra Tol Cipali tetap memaksimalkan sejumlah armada layanan lalu lintas. Terdiri dari 12 unit mobil patroli, 5 ambulans, 12 mobil derek, 2 unit mobil rescue dan enam unit kendaraan PJR yang bersinergi dengan kepolisian wilayah.

"Puncak sudah lewat karena kebijakan mudik membuat masyarakat pulang lebih awal," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini: