Sukses

4 Wisata Alam Tersembunyi di Yogyakarta yang Pantang Dilewatkan

Ada sejumlah tempat wisata alam tersembunyi di Yogyakarta yang tidak kalah menawan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak melulu Malioboro, Alun-Alun, Merapi, atau  Pantai Parangtritis. Ada sejumlah tempat wisata alam tersembunyi di Yogyakarta yang tidak kalah menawan.

Jika hendak liburan ke Yogyakarta, coba kunjungi wisata alam tersembunyi yang jarang terekspos seperti berikut:

1. Blue Lagoon 

Tidak perlu jauh-jauh ke Umbul Ponggok Klaten, Jawa Tengah untuk berenang dan bermain air di bawah pohon rindang. Salah satu surga tersembunyi di wilayah Kabupaten Sleman yakni, Blue Lagoon.

Objek wisata di bumi sembada ini menyuguhkan mata air yang masih sangat jernih. Pengunjung bisa berenang dan berendam tepat di bawah pepohonan rindang. Kolam Blue Lagoon juga tidak begitu dalam. Di tempat ini juga menyediakan fasilitas sewa ban pelampung.

Tidak hanya berenang, pengunjung pun bisa melakukan kegiatan seru lainnya seperti snorkeling. Melihat ikan kecil-kecil lebih dekat dengan cara menyelam. Bagi pengunjung yang menyukai tantangan, bisa juga mencoba melompat sambil berputar dari ketinggian. 

Setelah puas berenang, pengunjung juga bisa menikmati camilan hangat seperti mendoan di warung-warung yang berjajar di sekitar tempat wisata.

Rencana berkunjung ke Blue Lagoon alangkah baiknya jangan pada hari libur. Diam-diam, wisata ini mulai hits di kalangan wisatawan. 

Blue Lagoon yang berada di area sawah tepatnya Kalurahan Widodomartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman, Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Untuk tiket masuk ke tempat wisata alam tersembunyi di Yogyakarta ini, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000 per orang.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantai Tersembunyi

2. Pantai Ngrawe

Pesona Wisata Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata yang tersembunyi dan mulai menunjukkan keeksistensiannya adalah Pantai Ngrawe.

Dapat dibilang tersembunyi karena lokasinya berada di balik perkebunan penduduk, tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Kukup, tetapi terhalang sebuah bukit karang yang cukup tinggi.

Pantai ini juga dijuluki Pantai Mesra karena memiliki laut yang begitu biru dan taman yang hijau nan cantik. Pantai Ngrawe menyuguhkan alam yang sungguh memesona.

Pantai ini unik karena berlatar perkebunan singkong dan jagung ditambah lagi pasirnya berwarna putih. 

Pengunjung juga bisa melihat matahari terbenam maupun terbit di sini. Udara malam yang sangat bersahabat sangat cocok dijadikan tempat tujuan berkemah atau kamping bareng teman-teman. 

Tiket masuk Pantai Ngrawe hanya sebesar Rp10.000. Sedangkan, untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp3.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp5.000 per unitnya. Lokasi ini buka 24 jam setiap hari.

 

3 dari 3 halaman

Letusan Gunung Api Purba

3. Lava Bantal 

Lava Bantal merupakan bantaran sungai di mana tepiannya menyerupai bantal. Batuan yang terlihat menumpuk itu berasal dari bekas lava letusan Gunung Api Purba yang membeku selama ribuan tahun. Kemudian tempat ini menjadi objek wisata tersembunyi di Yogyakarta.

Di sini, pengunjung bisa bermain air di sungai, menyusuri sungai, sampai arum jeram. Terdapat jembatan penyeberangan sungai dari satu sisi ke sisi lainnya yang bisa menjadi spot paling bagus untuk berswafoto.

Selain itu, pengunjung juga bisa sekadar bermain air dan bersantai dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti gazebo.

Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir berkisar antara Rp2.000 hingga Rp 5.000. Sedangkan biaya lainnya untuk menikmati wahana tubing sebesar Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Lokasinya berada di Jalan Berbah-Prambanan, Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Buka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 WIB.

4. Wisata Desa Pentingsari

Sudah saatnya bersantai sejenak dari pekerjaan kantor yang tidak ada habisnya. Desa wisata Pentingsari ini cocok untuk melepas penat dari kesibukan tersebut.

Wisata Desa Pentingsari menawarkan keaslian budaya, alam, dan sosial sebagai daya tariknya. Apalagi, letaknya berada di sekitar kaki gunung Merapi. Udaranya masih sangat sejuk baik siang maupun malam.

Tidak cukup menikmati keindahan alam pedesaan, tapi juga bisa mengikuti berbagai aktivitas dengan penduduk sekitar, seperti membajak sawah, panen padi, dan memancing. 

Secara geografis, Desa Pentingsari berada di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Buka setiap Senin hingga Sabtu sekitar pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

 

Penulis: Evi Nur Afiah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.