Sukses

13 Meninggal, 27 Orang Masih Hilang dalam Bencana Longsor di Sumedang

Liputan6.com, Bandung - Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, 13 orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan 27 orang dalam pencarian bencana longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Total dalam pencarian total 27 orang dengan rincian 6 sesuai data awal dan penambahan 21 sesuai dengan laporan masyarakat ke posko. Data berdasarkan info dari incident commander dan Puskesmas Sawah Dadap," ujar Deden dalam keterangan resmi, Minggu (10/1/2021).

Dari kejadian longsor yang terjadi pada Sabtu (9/10/2021) kemarin, jumlah orang yang selamat mencapai 25 orang. Rinciannya, tiga dievakuasi tim SAR gabungan dan 21 menyelamatkan diri.

Adapun pencarian hari kedua siang tadi hingga pukul 14.00 WIB, tim SAR gabungan telah menemukan dua korban dalam keadaan meninggal dunia.

Pencarian korban longsor dihentikan sementara pada pukul 14.00 WIB dikarenakan hujan mengguyur wilayah kejadian.

 

2 dari 3 halaman

Kendala Pencarian Korban Longsor

"Hingga pukul 16.00 WIB pencarian masih belum dilanjutkan karena dikhawatirkan dapat membahayakan personil yang bertugas mengingat hujan yang cukup besar bisa membuat pergerakan tanah dan dikhawatirkan menyebabkan longsor susulan," ucap Deden

Namun, lanjut Deden, jika cuaca memungkinkan, maka pencarian akan dilanjutkan pada malam hari. Tim SAR gabungan sendiri telah melakukan pencarian dengan dibantu alat berat untuk mengangkut material longsor.

Selain itu juga Tim SAR Gabungan gunakan alkon dan alat ekstrikasi untuk melakukan pencarian. Deden mengimbau untuk warga yang merasa kehilangan anggota keluarga agar melaporkan ke Posko SAR gabungan yang berada di SMAN 1 Cimanggung.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini