Sukses

Cari Objek Wisata Sepi? Pantai Bantul dan Gunungkidul Tempatnya

Nyaris tak ada antrean kendaraan di pintu retribusi, baik roda dua, roda empat, hingga kendaraan besar seperti bus. sebagian besar wisatawan datang dari luar daera

Liputan6.com, Gunungkidul - Rangkaian libur panjang dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2020 sudah berlangsung dua hari ini. Hanya saja jumlah pengunjung objek wisata kawasan pantai selatan Gunungkidul ataupun Bantul masih terlihat landai. Padahal biasanya, kawasan pantai menjadi primadona wisata di Kabupaten Gunungkidul serta Bantul.

Hingga sore hari, tak ada penumpukan wisatawan di sejumlah pantai. Sebut saja, objek wisata Pantai Kukup ataupun Krakal Tanjungsari dan beberapa pantai lain tak terlihat adanya penumpukan wisatawan. Awal libur panjang ini nampaknya belum banyak memanfaatkannya untuk liburan.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron Supardi mengatakan nyaris tak ada antrean kendaraan di pintu retribusi, baik roda dua, roda empat, hingga kendaraan besar seperti bus. sebagian besar wisatawan datang dari luar daerah.

"Kalau lihat plat nomor kendaraannya, kebanyakan berasal dari Jawa Tengah," ujarnya.

Meski masih sepi, petugas di TPR Baron bersiaga selama 24 jam penuh selama libur akhir tahun. Mereka membagi tugas dalam 2 shift, pukul 08.00-16.00 WIB dan 16.00-08.00 WIB. Terkait dengan surat keterangan rapid test, pihaknya tidak menanyakan surat keterangan non-reaktif Rapid Antigen Test pada wisatawan.

Pasalnya, tidak ada instruksi untuk melakukan hal tersebut. Namun ia menandaskan penanganan sesuai protokol kesehatan (prokes) standar, seperti pengecekan suhu tubuh dan penggunaan masker. Selain prokes standar, Pardi juga melakukan pendataan para pengunjung yang melintasi TPR.

"Wisatawan tetap kami minta mengisi data diri di aplikasi Visiting Jogja, sesuai kebijakan dari Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul," ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Objek Wisata Cenderung Lengang

Kepala Seksi Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Gunungkidul, Aris Sugiyantoro mengakui jika hari pertama libur panjang, belum banyak wisatawan yang datang ke Gunungkidul. Sejumlah obyek wisata cenderung lengang dan tidak ada penumpukan wisatawan.

"Untuk data pastinya belum masuk. Tetapi kalau kita amati hanya mirip libur akhir pekan, hari Sabtu," ungkapnya.

Hal serupa juga terjadi di wilayah Kabupaten Bantul, belum banyak wisatawan yang datang ke Kota Geplak ini. Bahkan sejumlah obyek wisata yang ditarik retribusi masih cenderung lengang belum ada lonjakan.

"Iya benar, cenderung sepi. Besok mungkin mulai ramai," ujar Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adhi.

Laki-laki yang akrab dipanggil Ipung ini mengatakan kondisi TPR Depok selama hari Kamis ini lancar, aman dan terkendali. Jumlah pengunjung hingga jam13.00 sampai 15.18 WIB sebanyak 500 orang. Sementara suasana di TPR Induk Parangtritis, kondisi lalu lintas lancar, aman terkendali.

Dari pagi hingga pukul 13.30 WIB, jumlah pengunjung 2620, sedang yang update di Visiting Jogja 2275. Beberapa kendaraan luar kota yang masuk antara lain plat BE, BH, L, H, F, AA, AD, E serta AB. Hadir petugas dari Polres, Polairud, Koramil, Dishub, Pol PP dan petugas pengendalian tambahan dari Dinas Pariwisata 4 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.