Sukses

Terapkan Pembatasan Skala Mikro, Wali Kota Manado Bentuk Satgas Covid-19 di 87 Kelurahan

Liputan6.com, Manado - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 di Kota Manado secara maraton menuntaskan sosialisasi protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Manado. Kegiatan ini sudah menjangkau seluruh kelurahan di Kota Manado yang berjumlah 87.  

"Kita sosialisasikan Peraturan Wali Kota Manado Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus di Kota Manado," ujar Lumentut, Senin (21/9/2020), saat menggelar sosialiasi di wilayah Bunaken Kepulauan.

Lumentut mengatakan, untuk melaksanakan ketentuan dalam Diktum kedua angka 6, Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, sekaligus dibentuk relawan dalam Satgas Covid-19 di tingkat RT.

Pembentukan Satgas ini yang terakhir dilakukan di Kelurahan Bunaken dan Alung Banua, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado.

"Hari ini kita sudah menuntaskan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 di 11 Kecamatan dan 87 Kelurahan, kemudian dilantik Satgas covid-19 tingkat RT se-Kota Manado," ujarnya.

Tugas utama Satgas Covid-19 adalah mengedukasi masyarakat dan pengendalian pandemi corona virus di lingkungan masing-masing. Satgas ini beranggotakan 3 sampai 5 relawan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan.  

Lumentut mengatakan, dengan hadirnya Satgas Covid-19 di tingkat lingkungan ini dapat mendisiplinkan warga, agar benar-benar mengikuti protokol kesehatan serta menekan dan menurunkan tingkat penyebaran Covid-19.

"Kemudian akan dilombakan dengan tujuan memotivasi masyarakat Manado agar turut berpartisipasi dalam penanggulangan wabah Covid-19," ujar Lumentut.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut: