Sukses

Jaringan Telkomsel di Pekanbaru Belum Pulih Usai Kebakaran STO Telkom

Liputan6.com, Pekanbaru - Layanan Telkomsel di Pekanbaru masih lumpuh sejak ruangan server induk di Plaza Telkom, Jalan Hang Tuah, terbakar. Layanan seluler dan paket data internet sempat membaik Selasa tengah malam, tapi kembali down Rabu pagi, 12 Agustus 2020.

Sementara itu, layanan pelanggan di Plasa Telkom, baik itu IndiHome ataupun Grapari Telkomsel belum dibuka untuk umum. Hanya karyawan dan polisi yang bisa masuk.

"Untuk sementara, tidak ada layanan pelanggan hari ini, mohon maaf. Selain karyawan dilarang masuk," kata seorang sekuriti di pintu masuk Plasa Telkom.

Menurut sekuriti itu, belum ada informasi terkait kapan layanan pelanggan dibuka kembali. Dia menyebut masih menunggu instruksi dari atasan di gedung putih dipadu merah itu.

Pantauan di lokasi, pelanggan yang ingin mengeluhkan layanan Telkomsel pada Rabu siang harus kembali ke rumah. Sejumlah wartawan yang ingin mengambil suasana di Plaza Telkom juga tak diizinkan.

"Enggak berani kami mengizinkan masuk, kena marah kami nanti," sebut sekuriti tadi.

Pelanggan Telkomsel, Helmi menjelaskan, dari subuh hingga Rabu pagi jaringan data perusahaan BUMN ini bisa diakses secara terbatas.

"Namun siang ketika saya keluar rumah dan berada di Kecamatan Kota Pekanbaru, jaringannya sudah hilang. Tidak hanya internet, untuk nelpon dan SMS juga tidak bisa," kata warga Kecamatan Rumbai ini.

 

2 dari 3 halaman

Belum Berjalan Normal

Helmi juga mendengar kabar pihak Telkomsel di Jakarta mengirim pernyataan tertulis tentang membaiknya jaringan di Pekanbaru. Kenyataannya tidak seperti yang disampaikan.

"Katanya sudah berjalan normal tapi buktinya seperti ini, belum bisa dipakai," katanya.

Untuk memudahkan komunikasi, Helmi memakai provider lain. Tidak untuk telepon tapi hanya pesan singkat melalui WhatsApp.

"Kartu lain di Pekanbaru tempatnya milih-milih, tidak semua lokasi bagus jaringannya," ucap Helmi.

Azka, salah seorang pelanggan Telkomsel dan Indihome di Kecamatan Tampan, Pekanbaru, mengaku sudah bisa menikmati kembali akses internet dari perusahaan BUMN itu sejak Rabu, pukul jam 12.00 WIB.

"Sudah bisa, baru jam 12 siang ini," katanya.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin melalui rilisnya pada Selasa pukul 23.35 mengatakan, layanan komunikasi baik telpon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera berangsur pulih dan dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Telkom Group serta masukan dari pelanggan setia Telkomsel dalam percepatan proses pemulihan layanan yang terdampak," ujar Denny dalam rilisnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi.

"Kami mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel," jelas Denny.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini