Sukses

Kesembuhan Pasien Covid-19 Riau Peringkat Dua Nasional

Liputan6.com, Pekanbaru - Riau menunjukkan perkembangan menggembirakan dalam penanganan Virus Corona atau Covid-19. Saat ini, persentase Bumi Lancang Kuning dalam kesembuhan pasien positif berada di peringkat kedua secara nasional.

Berdasarkan data Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Riau, Aceh berada satu tingkat dari Riau dengan persentase kesembuhan 85 persen dari Virus Corona Covid-19. Sementara posisi ketiga adalah Bali dan paling buncit ditempati Papua.

Di sisi lain, sudah beberapa hari tidak ada penambahan pasien positif di Riau. Riau bertahan di angka positif kumulatif sebanyak 117 per tanggal 4 Juni 2020 malam.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yopi, dari 117 pasien positif sudah 99 orang dinyatakan sembuh. Mereka semua sudah pulang dalam waktu berbeda-beda untuk berkumpul lagi bersama keluarga.

Indra menjelaskan, jumlah pasien sembuh itu termasuk tiga orang pasien. Masing-masing berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Dumai dan Kabupaten Pelalawan.

"Dari total pasien positif masih ada 12 pasien dirawat, mudah-mudahan bisa sembuh karena tenaga medis berupaya maksimal," kata Indra.

Selama Provinsi Riau menangani pasien positif, Indra menyebut ada 6 pasien positif meninggal dunia. Mereka berasal dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang hasil uji laboratoriumnya keluar setelah meninggal.

Untuk PDP sendiri, Indra menyebut jumlahnya terus berkurang. Dari total 1449 PDP, kini tinggal 71 orang yang masih dirawat, sementara 1.219 lainnya dinyatakan negatif Covid-19.

"Kemudian PDP meninggal 157 orang," kata Indra.

2 dari 3 halaman

Tinggal Empat Daerah

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyatakan kabupaten bebas dari Covid-19 terus bertambah. Jika sebelumnya ada lima kabupaten, kini tinggal empat per tanggal 4 Juni 2020.

Mimi menyebut 4 daerah itu adalah Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan dan Indragiri Hilir. Bisa jadi hari berikutnya ada pengurangan atau bertambah karena jumlah PDP di Riau masih ada.

Di Kabupaten Bengkalis, saat ini masih ada empat pasien positif yang sedang dirawat. Sebelumnya sudah ada sembilan pasien positif dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Selanjutnya di Kepulauan Meranti masih terdapat empat pasien positif yang menjalani perawatan. Di wilayah itu juga sebelumnya sudah ada tujuh pasien positif Corona diperbolehkan pulang lantaran sudah dinyatakan sembuh.

Kemudian, ada satu pasien yang kini juga tengah menjalani perawatan di wilayah Pelalawan. Sebelumnya sudah enam pasien yang telah dinyatakan sembuh di wilayah itu.

Terakhir pasien positif juga masih dirawat di wilayah Indragiri Hilir yaitu tiga pasien. Sementara pasien sembuh tujuh orang dan satu orang telah dinyatakan meninggal dunia beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: