Sukses

Ridwan Kamil: Jabar Butuh 30 Ribu APD Tenaga Medis

Jabar memerlukan sekitar 30 ribu alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang berhadapan dengan Corona Covid-19.

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan kepada Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bahwa Jabar memerlukan sekitar 30 ribu alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis.

Hal itu disampaikan Emil saat mengikuti rapat koordinasi terkait penanggulangan Covid-19. Adapun Menko PMK membahas penanganan tersebut dengan kepala daerah se-pulau Jawa.

Dalam rakor itu, Emil, berharap pemerintah pusat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dapat memenuhi kebutuhan APD di Jabar.

"Kami hanya punya sisa 800 APD itu dari sisa pengiriman minggu lalu oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan lainnya yang totalnya 15 ribu. Mohon bantuan APD 30 ribu untuk seminggu ke depan," kata Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (31/3/2020).

Emil mengaku pada hari ini para bupati dan wali kota meminta APD kepada Pemprov Jabar. "Kalau ada pasti saya kirim, karena itu saya mohon secepatnya bisa di-drop (APD)," tuturnya.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy merespons permintaan Gubernur Jabar. Dia memastikan BNPB akan segera mengirim APD kepada semua daerah yang membutuhkan.

Menurut Muhadjir, BNPB saat ini memiliki cadangan 300 ribu APD yang bakal dikirimkan ke daerah-daerah.

"Dari Gugus Tugas Covid-19 untuk APD dalam tiga hari ini kita punya cadangan 300 ribu APD dan akan segera kita berikan ke daerah," katanya.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.