Sukses

Telkom University Klaster Tertinggi Kinerja Penelitian Kemenristek

Liputan6.com, Bandung - Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menobatkan Telkom University sebagai perguruan tinggi berperingkat terbaik, dalam klaster mandiri (tertinggi) untuk kinerja penelitian.

Berdasarkan analisis data yang telah diverifikasi oleh Kemenristek, terdapat 47 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok mandiri. 146 kelompok utama, 479 kelompok madya dan 1.305 kelompok binaan.

Menteri Ristek/Kepala BRIN, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan saat ini terdapat 21 perguruan tinggi yang berhasil meningkatkan kualitas penelitiannya.

Kualitas penelitian itu mendongkrak perguruan tinggi bisa naik dari klaster utama menjadi klaster mandiri pada periode penilaian tahun 2016-2018. Salah satunya adalah Telkom University.

“Di mana penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi untuk periode tahun 2016-2018 dilakukan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan oleh masing-masing perguruan tinggi di Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas),” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya dari Gedung BPPT II, Jakarta Pusat, ditulis Rabu, (20/11/2019).

Bambang menjelaskan penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi berdampak kepada kuota anggaran penelitian, pengelolaan dana desentralisasi sesuai dengan rencana induk penelitian masing-masing perguruan tinggi, peta kebutuhan program penguatan kapasitas per klaster, dan mekanisme pengelolaan penelitian.

Adapun Komponen yang dievaluasi meliputi sumberdaya penelitian sebesar 30 persen, manajemen penelitian 15 persen, luaran atau output 50 persen dan revenue generating sebesar lima persen.

Rektor Telkom University, Adiwijaya mengatakan capaian perguruan tinggi yang dipimpinnya merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika Telkom University. Dia berharap Telkom University bisa terus meningkatkan kualitasnya.

Dia juga berjanji Telkom University akan menjaga amanah dari Kemenristek dengan mengelola riset sebaik mungkin sehingga dapat menghasilkan inovasi yang bermanfaat.

“Bermanfaat untuk masyarakat serta mampu meningkatkan daya saing bangsa. Sudah tentu, ini akan menjadi kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Adiwijaya.

Sebelumnya, dari bidang pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan pemeringkatan yang diberikan Kemenristek, Telkom University menduduki predikat sangat bagus pada pemeringkatan perguruan tinggi berbasis kinerja pengabdian kepada masyarakat untuk periode tahun 2016-2018 yang berlaku mulai tahun 2019.

Hal itu membuktikan Telkom University sebagai perguruan tinggi terbaik yang selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat sekitar, dan akan terus mengedukasi masyarakat untuk menciptakan SDM yang unggul untuk Indonesia.

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Imbauan Wali Kota Bandung agar Terhindar dari Kerawanan Malam Tahun Baru
Artikel Selanjutnya
Wali Kota Bandung Sebut Penggusuran Tamansari Sesuai Prosedur