Sukses

Warung Makan Buka Saat Azan, Wakil Bupati Aceh Besar Mengamuk

Liputan6.com, Aceh Besar - Wakil Bupati Aceh Besar Husaini A. Wahab mengamuk di sejumlah rumah makan yang ada di kawasan Pasar Kota Jantho, Provinsi Aceh, Kamis, 8 November 2018.

Pasalnya, Wabup yang merupakan pimpinan salah satu pesantren di Aceh Besar ini kesal banyak pedagang tak mengindahkan aturan menutup toko saat azan berkumandang.

Dalam sejumlah video yang beredar luas, Husaini terlihat keluar dari mobil ditemani sejumlah personel Satpol PP berpakaian preman menuju sebuah warung makan.

Selanjutnya, Husaini yang memakai songkok putih dan mengenakan pakaian nondinas mengacung-acungkan sepotong kayu kepada pelanggan yang sedang duduk dan makan warung.

"Top teungoh azan. Top! (Tutup sedang azan. Tutup!" teriak Wabup Aceh Besar ini di dalam warung seraya menghantamkan kayu di tangannya ke salah satu meja yang ada di warung.

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tanggapan Warga

Info diterima Liputan6.com, inspeksi mendadak yang dilakukan Husaini terkait edaran bupati yang meminta seluruh aktivitas dihentikan ketika azan berkumandang.

Surat edaran tersebut menyerukan agar warung atau toko tutup sebentar menjelang salat lima waktu.

Sidak yang dilakukan Husaini dilakukan di sejumlah toko di Jantho. Sidak ini digelar setelah dilakukan sosialisasi terkait edaran yang dikeluarkan bupati.

Saat ini, dua kecamatan di Aceh Besar, yaitu Seliumuem dan Jantho, dijadikan sampel untuk diterapkan aturan tersebut.

Sementara itu, seorang warga Aceh, Jufri (29), kepada Liputan6.com, mengatakan yang dilakukan Wabup Aceh Besar Husaini terkesan arogan dan cenderung tidak mengindahkan hak orang lain yang sedang mengisi perut.

"Tidak elok juga seperti itu. Tunggu orang selesai makan. Agama saya rasa juga punya perspektif soal itu. Lanjutin dulu makan, jangan bentak-bentak. Selesai baru ibadah," ucap Jufri, Kamis, 8 November 2018.

Artikel Selanjutnya
Mengenal Tradisi 'Tulak Bala' di Aceh
Artikel Selanjutnya
Kisah Hantu Gulung Tikar dan Cinta Tak Terbalas di Danau Lut Tawar Aceh