Sukses

Intip Suasana Penginapan Atlet Asian Games 2018 di Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Momen perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Persiapan terus dilakukan di sejumlah tempat yang menjadi venue lokasi pertandingan.

Salah satunya cabang olahraga Kano yang digelar di Bendung Rentang Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Beberapa hotel di Cirebon menjadi tempat para atlet dan official cabor kano beristirahat.

GM Aston Hotel Cirebon Fajar Basuki mengaku sekitar 108 atlet akan menginap di Aston Cirebon. Kemudahan akses dari hotel ke venue pertandingan menjadi salah satu alasan penyelenggara Asian Games 2018 menempatkan atlet kano di Cirebon.

"Panitia pastinya punya standar dan syarat yang tinggi apalagi ini perhelatan Asian Games dan yang pasti kami sangat mengapresiasi itu," kata Fajar, Jumat (10/8/2018).

Oleh karena itu, manajeman Aston Cirebon pun menyatakan siap menyediakan fasilitas dan pelayanan yang sudah ditentukan penyelenggara Asian Games 2018 cabor Kano.

Seperti layanan katering untuk atlet yang tinggi dan harus sesuai dengan standar tinggi. Fajar mengatakan, dalam pelayanan tersebut, Aston Hotel Cirebon juga akan menyiapkan menu khusus para atlet Kano.

Dalam setiap menu makan, Aston Cirebon membuat aturan sesuai standar internasional gizi atlet. Dia menyebutkan, takaran kalori Atlet Kano di kisaran 3000 sampai 8000 dalam sehari dalam beberapa menu.

"Kami mengikuti panduan standar nutrisi untuk atlet," ujar dia.

Selain takaran gizi, manajeman hotel dituntut untuk jeli terhadap menu lain yang mengandung alergen. Seperti seperti Yoghurt, tidak semua atlet menerima susu yang ada di dalam yoghurt.

"Ada juga seafood tidak semua atlet menerima seafood jadi semua menu sesuai standar atlet Asian Games 2018," sambung dia.

2 dari 2 halaman

Kamar Dan Kegiatan Fisik

Tak hanya dari segi makanan, standar pelayanan kamar atlet juga sudah dipersiapkan. Fajar mengatakan, untuk meningkatkan kenyamanan, kamar atlet akan ditempatkan terpisah dengan kamar tamu yang lain.

Suasana Asian Games di Hotel Aston Cirebon juga akan dijaga petugas polisi di beberapa lantai. Namun, Fajar enggan menyebutkan lantai dan kamar yang akan ditempati istirahat para atlet Kano tersebut.

"Tujuannya agar menghindari adanya orang yang ingin mengakses langsung ke atlet sementara mereka butuh kondisi fisik tetap prima," sebut Fajar.

Untuk mendukung kondisi fisik para atlet, Fajar menyiapkan sejumlah fasilitas olahraga. Seperti jogging track sepanjang 600 meter serta sarana pendukungnya, kolam renang hingga pusat kebugaran.

Dalam mengawal keamanan dan kenyamana atlet, petugas kepolisian juga memasang Police Corner di dalam Hotel Aston Cirebon. Fajar menyebutkan, police corner akan melayani seluruh kebutuhan para atlet Kano.

"Mulai dari hospitality desk sampai medical assistance dan lain sebagainya. Termasuk pengawalan polisi mulai dari masuk hingga atlet menuju ke venue," ujar dia.

Fajar memastikan para atlet kano tetap tampil prima dan sehat selama Asian Games berlangsung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Komentar Ong Kim Swee soal Keributan pada Laga Malaysia U-23 Vs UEA U-23
Artikel Selanjutnya
Aksi Baku Pukul Nodai Laga Uji Coba Malaysia U-23 Vs Uni Emirat Arab U-23