Sukses

Ribuan Bobotoh 'Kunjungi' Bonek di Surabaya

Pertemuan Persebaya dan Persib di Surabaya juga akan menjadi ajang pertemuan Bobotoh dengan Bonek.

Liputan6.com, Bandung - Menyambut laga Persib Bandung menghadapi Persebaya Surabaya, suporter Persib, Bobotoh bakal menyambangi Kota Surabaya, Jawa Timur. Pasalnya, pertemuan kedua tim juga akan menjadi ajang pertemuan Bobotoh dengan Bonek, pendukung setia klub berjuluk Bajul Ijo.

Persib bakal dijamu Persebaya dalam lanjutan Liga 1 2018, pada Kamis (26/7/2018) mendatang. Ribuan Bobotoh dipastikan mendatangi Kota Pahlawan sebagai bentuk dukungan kepada Maung Bandung, julukan Persib.

Antusias penonton untuk laga ini cukup besar pada pertandingan ini. Mengingat kedua tim ini mempunyai massa yang terbilang besar dan memiliki rasa persaudaraan yang akrab.

Koordinator rombongan tur Bobotoh ke Surabaya, Agus Rahmat mengatakan, pihaknya mendapatkan 5.000 jatah tiket ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

"Untuk kuota yang diberikan panitia pelaksana (panpel) Persebaya, kita dikasih 5.000 tiket. Sebarannya untuk Bobotoh yang ada di Jabar, Jateng dan Jatim," kata Agus ditemui di Stadion Sidolig, Bandung, Selasa, 24 Juli 2018.

Rencananya, rombongan ribuan Bobotoh akan bergerak ke Surabaya pada Rabu (25/7/2018) sore.

"Total ada 21 kendaraan mulai dari bus besar, bus sedang dan kendaraan pribadi. Bahkan, pagi tadi sudah ada yang naik kereta api," tuturnya.

Agus menjelaskan, pihaknya telah membuka pendaftaran tur Surabaya sejak Sabtu lalu. Pendaftaran kali ini dikenakan biaya sebesar Rp 350 ribu. Adapun nominal tersebut untuk biaya akomodasi dan tiket.

"Pendaftaran kita tutup hari ini," ucapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Berlaku Sopan dan Tertib

Nantinya, lanjut dia, rombongan Bobotoh dari berbagai daerah akan berkumpul di Cirebon. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan bersama ke kota Surabaya.

Soal antusias tur kali ini, Agus mengatakan, banyak Bobotoh yang ingin ikut. Pasalnya, terakhir kali tur ke Surabaya dilakukan sekitar 2013 lalu.

"Sekarang antusiasnya tinggi karena ada faktor persaudaraan antara Bobotoh dan Bonek (pendukung Persebaya). Kita juga lihat Persib sekarang sedang bagus dan Persebaya juga sudah kembali ke Liga 1," ujarnya.

Agus mengatakan, dalam setiap turnya, Bobotoh juga selalu diingatkan untuk bersikap santun saat bertamu ke kota lain. Ia pun telah mengimbagu agar Bobotoh berlaku menjaga ketertiban selama perjalanan nanti.

"Kita sudah imbau selalu tertib, jangan bawa senjata tajam dan minuman keras. Nanti saat masuk stadion akan ada sweeping dari keamanan tuan rumah," tegas Agus.

Untuk diketahui, pertandingan klasik antara Persebaya vs Persib seharusnya digelar 19 Mei 2018 lalu. Namun karena terjadi teror bom, maka pertandingan tersebut batal digelar dan diputuskan ditunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.