Sukses

Desainer Langganan Keluarga Presiden Jokowi Bakal Unjuk Karya di London

Liputan6.com, Solo - Perancang busana muslim asal Solo, Jawa Tengah, Tuty Adib, bakal unjuk karyanya di London Fashion Week. Perancang busana keluarga Presiden Jokowi itu mengeksplorasi busana khas Minangkabau, baju kuruang basiba lengkap dengan penutup kepalanya bernama tangkuluak kompong.

London Fashion Week hajatan para perancang busana kondang bakal dihelat mulai pekan ini. Indonesia dengan kekayaan tenun wastra Nusantara berhasil menembus London Fashion Week. Lima desainer yang tergabung dalam Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) bakal unjuk karya di London, Inggris. 

Mereka akan unjuk karya dalam bagian Fashion Scout 2018 London Fashion Week Autumn/Winter, pada 16-20 Februari 2018. Kelima perancang ini adalah Jenny Cahyawati, Ratu Sofia, Lia Afif, Dara Bira, dan Tuty Adib. 

"Ini menjadi kesempatan yang pertama bagi Indonesia untuk ikut dalam ajang Fashion Scout itu. Kita akan show besok Jumat, 16 Februari 2018. Tema besar yang akan kita angkat adalah 'Keindahan Kekayaan Wastra Nusantara'," kata Tuty Adib, di galeri busananya di Solo, Selasa, 13 Februari 2018.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Basiba

Ia sendiri memilih untuk mengeksplorasi tenun Balai Panjang Payakumbuh. Inspirasi dari koleksi Tuty adalah baju kurung bernama baju kuruang basiba lengkap dengan kain penutup kepala bernama tangkuluak.

Basiba sendiri merupakan busana tradisional masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Satu keunikan dari basiba adalah garis potong di bagian samping lengan yang berbentuk segitiga.

"Mengapa mengambil inspirasi dari tenun Payakumbuh? Karena tenun Payakumbuh ini jarang dikenal. Kalau tenun biasanya Padang Panjang. Makanya, saya ingin mengangkat kekayaan kain nusantara ini dalam bentuk modest wear," jelas Tuty Adib.

3 dari 4 halaman

Eskplorasi Baju Kurung

Menurut Tuty Adib, baju kurung khas Minangkabau ini sangat eksploratif. Terinspirasi baju kurung, Tuty Adib bisa menghasilkan pakaian yang ready to wear dan bisa digunakan tidak hanya untuk mereka yang mengenakan hijab. 

"Melalui inspirasi ini, saya bisa buat outer. Baju kurung bisa dieksplorasi menjadi cardigan, gamis, long jacket, crop jacket. Jadi baju kurung ini bisa terlihat lebih universal," kata Tuty. 

Tuty sudah menyiapkan delapan koleksinya dalam jangka waktu enam hari untuk diperagakan di London. Bagi Tuty, keikutsertaannya dalam acara ini adalah untuk menunjukkan kekayaan kain nusantara di Indonesia ke publik Eropa. 

"Ini buatnya cepat, karena mendadak juga informasinya. Sempat juga memutuskan tidak akan ikut. Tapi terus saya pikir-pikir ini kesempatan terbaik untuk menunjukkan kekayaan kain nusantara," jelas dia. 

4 dari 4 halaman

Perancang Busana Keluarga Presiden

Tuty Adib merupakan perancang busana langganan keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Selain sering mengerjakan busana yang dikenakan Ibu Negara, ia juga dipercaya untuk merancang busana pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang menikah dengan Selvi Ananda pada tahun 2015.

Setelah sukses merancang busana pernikahan Gibran dan Selvi, Tuty Adib kembali dipercaya Ibu Negara, Iriana Jokowi. Ia dipilih untuk merancang busana pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang menikah dengan Bobby Nasution pada November 2017.

Saksikan video pilihan di bawah ini: